YPHLI Gandeng KELABANG LIAR adakan Penghijauan dan Biopori

JAKARTA tirasnusantara.com – Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan di halaman musola Baitul Rohim klender jatinegara cakung.

YPHLI kali ini berkolaborasi dengan PADEPOKAN CIMANDE KELABANG LIAR.Ada beberapa jenis pohon yang ditanam disana Seperti Syzygium paniculatum,Portulaca grandiflora,dan lainnya.

Menurut ketum YPHLI Boy junafiah Syzygium paniculatum atau yang biasa kita kenal sebagai pohon pucuk merah memiliki manfaat besar untuk kesehatan.

Salah satunya berkat keberadaan kandungan senyawa polifenol pada bagian daun yg dapat digunakan sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres dan mampu melindungi sel beta pankreas akibat efek radikal bebas yang sangat berbahaya.

Jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya,tanaman ini memiliki kemampuan lebih besar untuk menyerap karbondioksida.Selain itu ada juga Portulaca grandiflora hook atau sutra bombay.

Bunga ini memiliki manfaat dan khasiat yaitu akar bunganya dapat membantu mengobati sakit tenggorokan dan sebagai zat detoksifikasi.

Serta dapat menghilangkan bekuan darah dan digunakan sebagai zat analgesik dan anti radang.Selain penghijauan kitapun membuat LRB untuk mengatasi genangan akibat curah hujan yang cukup tinggi akhir akhir ini.

Genangan air yang tidak dapat terserap kedalam tanah menimbulkan banjir.
Biopori menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.

Dengan demikian diharapkan adanya peran serta dari seluruh masyarakat dalam mengimplementasikan lubang resapan biopori(LRB),sehingga kelestarian lingkungan bisa tercapai ujar Boy.

Menindaklanjuti berbagai program penghijauan ini, maka YPHLI dibantu HLI Jakarta bekerjasama dgn Padepokan Pencak Silat Cimande Kelabang Liar, kampung Pulo Kambing, Cakung, melaksanakan bakti sosial penghijauan di musholla Baiturrahim, kp. Pulo Kambing.

Menurut salahsatu pengurus Padepokan yaitu Ustadz Khairullah, hal ini sangat penting untuk edukasi generasi muda bahwa penghijauan di sekitar rumah ibadah memang sangat diperlukan. Kerjasama yang seperti ini harus ditingkatkan.

Ketua HLI Jakarta, Mardiyanto menyatakan bahwa hal ini adalah sebagai salah satu program dari HLI Jakarta untuk sosialisasi penghijauan di lingkungan masyarakat sekitar. Karena sebelumnya, HLI Jakarta sudah pernah bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan, sebagai kontribusi terhadap program pemerintah di bidang penghijauan lingkungan. (Tony/team)