Wartawan Diusir Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Cikalong Wetan

BANDUNG BARAT tirasnusantara com – Pengusiran wartawan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalong Wetan oleh Kepala Rumah Sakit pagi tadi. Pengusiran kepada wartawan Harian Kriminal dan tirasnusantara.com saat meliput diskusi tenaga kerja kontrak bersama menegemen rumah sakit di ruangan lantai dua RSUD Cikalong Wetan. Senin (02/11/22)

Hal ini jelas menimbulkan ketidaknyamaanan terhadap tugas dan kinerja wartawan dalam meliput setiap berita. Wartawan Harian Kriminal juga tirasnusantara.com mengatakan tentang kejadian pengusiran tersebut oleh kepala rumah sakit.

“Dari pengakuan kedua wartawan yang sedang meliput, mereka didorong suruh keluar oleh kepala rumah sakit RSUD Cikalong Wetan bahkan bukti video pengusirannya pun ada,” ujarnya.

Padahal sudah jelas wartawan telah di atur oleh UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS yang telah di atur pada Pasal 18 ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi wartawan melaksanakan tugas untuk memperoleh dan mencari informasi dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima Ratus Juta Rupiah).

Saat berita ini diterbitkan belum ada tanggapan dari pihak kepala rumah sakit RSUD Cikalong Wetan. (Asep. D/Hendra.M)