Wakil Bupati Tinjau Sungai Jebol Akibatkan Banjir Bandang di Tanggamus

SEMAKA tirasnusantara.com – Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM.Syafi’i,S.Ag., di dampingi ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi’i meninjau Lokasi Pasca Banjir Bandang Kamis malam diPekon Way Kerap dan Sekitarnya Kecamatan Semaka.Senin (13/01/2020)

Turut mendampingi para OPD atau yang mewakili,Sekcam Semaka,para Pj. Kakon,Para kades,Unsur TNI dan Polri, Serta dari Gabungan TP PKK Kabupaten Tanggamus.

Wakil Bupati didampingi ketua TP PKK Beserta rombongan meninjau sungai yang jebol yang mengakibatkan banjir bandang hingga masuk dipemukiman rumah warga dipekon way kerap pedukuhan banding Semaka.

Selanjutnya, Wakil Bupati juga meninjau rumah-rumah warga yang rusak dan memberikan ucapan rasa simpati kepada warga agar tetap sabar dan ikhtiar karena ini adalah musibah. Diberikan juga bantuan secar simbolis berupa sembako dari gabungan PKK Tanggamus kepada warga yang terkena dampak banjir bandang.

Selanjutnya rombongan menuju Kantor Kecamatan Semaka untuk meninjau posko disana dan bertatap muka dengan uspika kecamatan basarnas dan Tagana ,serta diberikan juga bantuan Secara simbolis dari Kantor BRI Cabang Pringsewu kepada warga dan masyarakat Semaka. Kemudian Wakil Bupati melanjutkan perjalanann untuk meninjau Tanggul sungai yang jebol di Pekan Kacapura Semaka akibat terjangan derasnya air hujan Kamis malam.

Dalam arahan Wakil Bupati AM. Syafi’i, mengatakan turut berduka cita atas musibah ini,semoga warga masyarakat Semaka selalu sabar ,tabah dan ikhtiar kepada yang maha kuasa.

“Untuk kedepan terkait banyak sungai yang jebol dan merusak rumah warga akan kita inventarisir dan bekerja dengan PU Tanggamus untuk segera diselesaikan. Disini juga diberikan bantuan dari Pemda dan gabungan PKK mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk meringankan beban warga masyarakat disini.

Terkait sekolah yang terkena dampak banjir, untuk anak-anak murid akan diberikan juga bantuan berupa alat-alat tulis dan baju seragam dan ini merupakan langkah awal yang baik untuk memotivasi mereka agar tetap terus semangat untuk belajar”.

Selanjutnya bagi rumah warga yang rusak ada program bedah rumah dan pastikan bahwa memang rumah warga yang terkena dampaknya dan akan kami bantu juga dari Pemkab Tanggamus agar mereka dapat terus bertahan hidup meskipun bantuan diberikan secara bertahap.

Lanjut Wabup, Apapun musibahnya tetapi kita tidak ingin hal ini terulang lagi maka salah satu ikhtiarnya kita harus bersahabat dengan alam sehingga alam bersahabat dengan kita dengan cara salah satunya kita tidak merusak ekosistem alam sehingga hal-hal yang harusnya kita jaga dan tidak melakukan jangan dilakukan seperti penebangan hutan liar sehingga menjadi gundul. Salah satunya adalah penegasan ulang jadi jangan ragu untuk mengajukan bilang bahwa ada penemuan seperti pembalakan hutan liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kalau ada penemuan yang terindikasi sampaikan baik melalui Jajaran TNI ,Polsek, Danramil ataupun pihak yang berwajib langsung karena penanganan hutan ini kewenangannya Provinsi.

Kalau memang persoalan-persoalan penegakan hukum sementara kami di Kabupaten tidak bisa melakukan segera laporkan. Wakil Bupati, berharap tetap waspada karena kemungkinan ada banjir susulan masyarakat juga harus waspada terutama malam juga harus ada yang jaga dan selalu minta perlindungan dari yang maha kuasa , Insya Allah dengan normalisasi sungai yang sudah kita lakukan kemudian ini nanti saluran-saluran yang perlu dinormalkan segera dilakukan,kata Wabup”. (MN/Kmf)