VIRUS CORONA Pemerintah harus bertindak CEPAT TANGGAP TETAPKAN SIAGA SATU, Masyarakat JANGAN PANIK! Mari Lakukan Pencegahan

LAMPUNG tirasnusantara.com – Keadaan yang sangat meresahkan kita semua diseluruh pelosok tanah air akhir-akhir ini terkait penyebaran Covid-19 atau lebih akrab disebut virus Corona.

Kondisi yang sangat menghawatirkan seperti yang kita ketahui terjadi diberbagai negara lain yang sangat berdampak buruk bukan hanya kepada nyawa manusia, namun berdampak pada perekonomian, kondisi sosial, keamanan, bahkan apabila tidak diantisipasi segera akan menimbulkan kekacauan (chaos) pada suatu negara yang berdampak pada lumpuhnya sebuah pemerintahan atau sebuah negara.

Kondisi terkini penyebaran virus tersebut sudah mencapai negara Indonesia, di beberapa daerah sudah menetapkan siaga satu hingga saat ini sudah ada 96 korban jiwa dan suspect Corona dirawat dibeberapa rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sehingga pemerintah perlu mengambil tindakan segera, secara komprehensif, terintegrasi dan menyeluruh bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas.

Namun Masyarakat diharapkan untuk tidak lanik dalam menghadapi wabah virus Corona. Tingkatkan kewaspadaan dan lakukan pencegahan secara bersama sama dari hal kecil hingga besar.

Penyebab Kematian bukanlah hanya oleh virus Corona, ketetapan dan takdir Allah lah yang menentukan. Begitupun dengan segala penyakit yang ada Allah menciptakan obatnya namun pengetahuan manusia yang terbataslah sehingga kita tetap harus memohon dengan mendekatkan diri pada sang khalik dan berusaha melalui pencegahan.

Kita sebagai manusia selain berdo’a diwajibkan juga berikhtiar, pencegahan adalah salah satu ikhtiar, dari itu kita wajib meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan pola hidup sehat.

Konsumsi makananan minuman yang baik serta menyehatkan. Selain menambah energi kita juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan asupan vitamin dan mineral, konsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh.

Negara kita memiliki Sumber Daya Alam yang luar biasa berupa rempah-rempah dan Indonesia merupakan negara terdepan dengan penciptaan obat herbal berbasis rempah rempah. Salah satunya adalah jamu yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu tubuh kita terdiri atas Jasmani dan Rohani, selain Jasmani Rohani pun membutuhkan asupan. Apabila Rohani sakit bisa berdampak terhadap jasmani contoh ketika kondisi resah gelisah berlebihan bisa mempengaruhi jasmani sehingga jadi malas beraktifitas, susah tidur, kehilangan semangat hidup.

Disini perlunya kita memperbaiki kondisi rohani kita dengan mendekatkan diri kepada Sang Khalik meningkatkan kualitas ibadah, memperbanyak Dzikir dan Shalat selain membawa ketenangan diri juga merupakan kewajiban bagi umat islam.

Gerakan shalat juga bisa menyehatkan jasmani jika gerakan shalatnya betul-betul sesuai dengan tuntunan bisa melancarkan peredaran darah, melenturkan otot otot yang tegang dan syaraf yang kaku.

Selain itu berwudhu bisa membersihkan kita dari kotoran yang menempel tanpa kita sadari dengan sering wudhu, dimulai dari mencuci tangan, menghirup air kedalam hidung membasuh muka tanpa disadari bisa melepaskan kotoran yang terhirup dan menempel dalam saluran pernafasan kita.

Wallahu’alam bissawab.
Selain menjaga pola hidup sehat Jasmani dan Rohani kita juga perlu mengontrol pola hidup sosial. Untuk sementara waktu alangkah baiknya apabila kita mengurangi aktifitas diluar rumah menghindari tempat keramaian , tempat hiburan/clubbing, konser-konser, pasar, mall. Gunakan waktu yang lebih bermanfaat dengan meningkatkan ibadah, Dzikir serta membaca Al’quran bagi yang beragama islam, aktifitas berkebun, beternak hewan2 untuk konsumsi pribadi akan lebih menyehatkan bagi yang memiliki lahan.

Dengan adanya Penyebaran virus Corona kita tidak perlu panik tetap tenang dan waspada sehingga kita bisa menghadapinya dengan melakukan upaya-upaya pencegahan meningkatkan kebersihan lingkungan, meningkatkan kualitas hidup sehat jasmani dan rohani, ketetapan hanya milik Allah kita hidup, sakit, mati hanyalah kehendak_Nya.

Banyak orang mati bukan karena Virus atau sakit, mati bukan hanya karena usia lanjut, banyak mati muda , mati berjama’ah bukan karena virus, Pesawat jatuh, Kapal tenggelam, Kebàkaran, Banjir, Longsor, Gempa sampai Tsunami.

Mudah-mudahan kita sekalian diberi kekuatan, kesabaran, semoga sakit bisa menjadi media peluruh atas dosa-dosa yang telah kita perbuat. Tetap tenang dan waspada jangan Panik lakukan pencegahan dini, perhatikan lingkungan sekitar informasikan kepada pihak terkait dan pemerintah jika ada orang disekitar kita yang terjangkit virus corona dengan mengacu pada tanda tandanya yang sudah disosialisasikan oleh pemerintah. Mari tingkatkan pola hidup sehat dan pola hidup normal bukan hanya karena adanya Virus Corona tetapi untuk kehidupan yang lebih baik

Ibnu kaban
pimpinan pusat pemuda bulan bintang

(Novel)