Tiga Pencuri Sapi Dikawasan Pesibar Diamankan Polsek Bangkunat

PESISIR BARAT tirasnusanrara.com – Maraknya pencurian sapi di Kabupaten Pesisir Barat membuat resah warga masyarakat, khususnya diwilayah hukum polsek Bangkunat.
Untuk mengungkap siapa yang melakukan tindak kejahatan pencurian itu sepenuhnya diserahkan kepada aparatur penegak hukum dalam hal ini pihak kepolisian.
Menjawab harapan masyarakat, pada hari Minggu tgl 25 Agustus 2019 pukul 01.00 wib di Kota Agung Tanggamus, Polsek Bengkunat telah Ungkap Kasus Perkara Pencurian Dengan Pemberatan (Pencurian Ternak Sapi) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP, giat Pengungkapan tersebut di Pimpin Langsung Kapolsek Iptu Ono Karyono, S.H., M.H.
Penelusuran terduga pelaku ini berdasarkan laporan Polisi Nomor : LP /324/XI /2018/Polda Lpg/Res Lambar /Sek Bengkunat Tgl 18 November 2018. Dan LP /325/XI /2018/polda lpg/ResLambar /Sek Bengkunat Tgl 18 November 2018.
Para pelaku ini diduga komplotan yang sudah sejak  lama beraksi, untuk diketahui para pelaku ini pernah melakukan aksinya pada hari minggu tanggal 18 November 2018 Jam 02.30 Wib dini hari di Pekon Suka Negara Kecamatan Ngambur Kab. Pesisir Barat.
Oleh karena itu pada hari Minggu tanggal 25 Agustus 2019, Anggota Reskrim Polsek Bengkunat mendapatkan informasi bahwa Keberadaan pelaku yg sedang berad dirumahnya di Kota Agung, selanjutnya dengan di Pimpin Kapolsek Bengkunat Iptu Ono Karyono, S.H, M.H melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan terhadap pelaku di Desa Negeri Ratu Kec. Kota Agung Pusat Kab. Tanggamus dan berhasil di Tangkap 3  (tiga) orang Pelaku Yaitu JAMURI, HANDOKO dan SAMAN, sedangkan Pelaku yg masih DPO An. S dan F, selanjutnya Pelaku di bawa Ke Mapolsek Bengkunat untuk dilakukan Pemeriksaan dan Pengembangan.
“Setelah semua infomasi dihimpun, maka jajaran polsek Bangkunat melakukan pengungkapan tepat pada hari Minggu 25 Agustus 2019 pukul 02.00 Wib dini hari di Kota Agung Tanggamus, “Tulis Ono Karyono dalam rilisnya.
Dari pengungkapan yang dilakukan tim polsek Bangkunat, berhasil mengamankan tiga orang tersangka yaitu :
a. JAMURI, 48 Th, Wiraswasta/Pedagang, Pekon Negeri Ratu Kec. Kota Agung Pusat Kab. Tanggamus
b. HANDOKO, 20 Th, Tani, Pekon Way Panas Kec. Wonosobo Kab. Tanggamus
c. SAMAN, 38 Th, Tani, Pekon Negeri Ratu Kec. Wonosobo Kab. Tanggamus. Dengan barang bukti dua (2) ekor sapi.
Sementara masih ada dua orang tang masih dinyatakan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) yaitu:
a.  S, 30 Th, Wiraswasta/Pedagang, Desa Bumi Ilir Kec. Anak Tuha Padang Ratu Kab. Lampung Tengah
b. F, 27 Th, Tani, Jawa Tengah.
Dari keterangan yang didapat dari pada tersangka baru ada dua korban yang teridentifikasi yaitu :
a. DANURI, 54 Th,Tani,Pekon Suka Negara Kec. Ngambur Kab. Pesisir Barat
b. ALI RIDHO,55 th, tani, Pekon Suka Negara Kec. Ngambur Kab. Pesisir Barat, dengan taksiran kerugian senilai Rp. 30.000.000.- (Tiga puluh juta rupiah).
Untuk diketahui modus operandi para pelaku sebelum melakukan perbuatannya  terlebih dahulu menggambar situasi target siang harinya berjualan mengampas Minyak Makan Curah dari Kota Agung ke warung-warung di Kecamatan Ngambur dan Kecamatan Pesisir Selatan sambil mengamati atau menggambar situasi sepuataran Sapi akan menjadi Target,  Pada malam harinya Para Pelaku melaksanakan Aksi Mengambil Sapi target dengan cara  memotong Tali Sapi yg di tambngkan di Pohon Belakang Rumah Korban, setelah itu sapi di tuntun sambil memberikan Garam di mulut sapi supaya jinak dan tidak bersuara, dan mengangkutnya dengan Mobil lalu di bawa ke Kota Agung untuk di jual.
Para pelaku mengakui telah melakukan pencurian Ternak Hewan Sapi tersebut sebanyak 12 (dua belas) kali dengan hasil curian sebanyak 33 (Tiga Puluh Tiga) ekor Sapi senilai kurang lebih Rp. 300.000.000.- (Tiga Ratus Juta Rupiah) Yang dilakukan di Wilayah Kecamatan Bengkunat, Ngaras, Ngambur dan Pesisir Selatan.
Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya kini pelaku masih kita amankan di Polsek Bangkunat, adapun ancaman hukuman para pelaku ini 9 tahun penjara, “Terangnya. (Roso/Pramono).