Terima Tamu Ambalan dan Calon Bantara, MAN 1 Pringsewu Gelar Perjusami

PRINGSEWU tirasnusantara.com – Gugus Depan Raden Intan dan RA Kartini 08115-08116 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu menggelar Perkemahan penerimaan tamu ambalan dan anggota Pramuka Bantara di lapangan kampus setempat. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 26-28 Juli 2019 dan diberi nama Perjusami (Perkemahan Jumat Sabtu dan Minggu).

Pembina Pramuka MAN 1 Pringsewu Khairuddin menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah agenda rutin di awal tahun ajaran baru untuk para peserta didik baru sebagai proses peralihan tingkatan dari Pramuka Penggalang ke Pramuka Penegak.

“Kegiatan ini diikuti, oleh 261 tamu ambalan, 43 calon Pramuka Bantara yang dibagi dalam 39 sangga kerja dengan melibatkan 25 orang panitia,” rinci pria berkumis yang akrab disapa Kak Heru ini di sela-sela persiapan pembukaan Perjusami.Ia berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas kepribadian dari para generasi muda yang menjadi tumpuan harapan dalam meneruskan kepemimpinan di masa mendatang.

Kak Heru menambahkan bahwa materi kegiatan terbagi menjadi dua yakni untuk tamu ambalan dan calon bantara. Untuk tamu ambalan akan mendapat berbagai materi seperti kegiatan outdoor, anjangsana, pentas seni, pemutaran film dokumentasi, dan api unggun.

“Untuk para calon Bantara akan mendapat materi kepemimpinan, tata cara upacara, dan pembekalan pengurus karena merekalah nantinya yang akan meneruskan kepengurusan Gudep MAN 1 Pringsewu,” jelasnya tentang kegiatan yang dibuka oleh Ketua Kwartir Ranting Pringsewu, Ahmedan Kartubi ini.

Sementara itu Kepala MAN 1 Pringsewu selaku Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Kamabigus) H Almadi menyambut positif kegiatan Perjusami tersebut. Ia pun berharap kegiatan tersebut mampu menumbuhkan sifat positif para peserta didik di antaranya saling menghormati, disiplin, mandiri, dan kreatif.

“Kami memberi dukungan sepenuhnya sekaligus memberi kesempatan seluas-luasnya bagi pengembangan potensi peserta didik yang muaranya akan mampu menjadikan MAN 1 Pringsewu lebih berkualitas,” katanya.Selama ini berbagai prestasi telah diukir oleh para pramuka MAN 1 Pringsewu mulai dari level kabupaten, provinsi, maupun nasional. Prestasi ini diraih dengan berbagai dukungan program pembinaan intensif dan berkesinambungan dengan dukungan dari seluruh elemen madrasah.

Kwaran Pringsewu Ahmedan Kartubi saat memberi sambutan dan membuka acara pun mengakui kualitas dan prestasi dari Gudep MAN 1 Pringsewu. Menurutnya Pramuka sangat aktif dalam berbagai kegiatan dan lomba dannmampu menunjukkan prestasi.

“Saya bangga dan bahagia Pramuka MAN 1 Pringsewu menjadi pramuka yang aktif dan berprestasi. Maka itu pada gelar senja di Kabupaten Pringsewu beberapa waktu lalu kami memberi penghargaan atas segala prestasi ini. Terus ber Fastabiqul Khairat. Berlombalah dalam kebaikan,” pungkasnya. (M. Faizin/wagiman)