Team P2KTD FEB UMPRI Inovasi Pekon Kiluan

KELUMBAIAN tirasnusantara.com – Team Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, dengan Keberadaan Tim Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) sebagai desa binaan di Pekon Kiluan Negeri agar desa kami mendapatkan jasa layanan teknis secara lebih berkualitas dari lembaga profesional, Minggu, (30/12/2019).

Kehadiran tim P2KTD dibutuhkan untuk memperkuat kapasitas teknis pemerintah desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ungkap Sarmin.

Lain halnya dengan Frendy Teluk Kiluan bagaikan surga tersembunyi yang di ujung Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Ketika berkunjung ke Teluk Kilauan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan pantai dengan gradasi biru kehijauan dilengkapi dengan air yang jernih dan terumbu karang serta ikan hias yang dapat Anda lihat secara jelas, kata frendi.

Frendi menambahkan Teluk Kiluan, yang akan menyuguhkan topografi berbukit dan lembah, yang sangat cocok untuk dijelajahi. Selain menyuguhkan lanskap yang indah, ternyata teluk satu ini dihuni oleh ratusan ekor lumba-lumba.

Ratusan lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba snipper dapat dengan mudah dijumpai di tengah laut. Mereka menyapa ramah setiap orang yang dilihatnya dengan lompatan-lompatan indahnya.

Perairan di Teluk Kilauan sangat kaya akan ikan, sehingga sering dijadikan sebagai lokasi para pemancing handal untuk mencari mangsa. Kesuburan perairan ini menyebabkan karang bisa tumbuh dengan baik. Ini pula yang menyebabkan kawasan teluk kiluan juga menyuguhkan spot diving yang dangkal namun sangat indah.

Selain teluk yang indah, di lepas pantai terdapat pulau kecil yang juga menantang untuk dijelajahi. Dijelajahi keindahan permukaannya maupun diselami di bawah airnya. (Wagiman)