STKIP Muhammadiyah Pringsewu selesaikan program PDS 2019

Pringsewu, tirasnusantara.com,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung, yang dulu banyak di kenal masyarakat dengan sebutan
STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung (STKIP MPL) sebagai Ketua Drs. H. A Rahman, M.M., M.Pd. Sehingga salah satu lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang terletak di Kabupaten Pringsewu. Perkembangan posisi STKIP MPL di tahun 2019 ini sudah menjadi UMPRI sudah berproses mulai dari tahun 2017 Perkembangan dunia pendidikan yang sangat kompetitif seiring dengan tuntutan lulusan di sekolah yang semakin tingi, tentunya menjadi perhatian yang penting bagi STKIP MPL yang sekarang menjadi bentuk fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang mempunyai fakultas keguruan tentunya menjadi catatan tersendiri bagi STKIP MPL untuk berperan penting dalam proses perkembangan mutu pendidikan di Kabupaten Pringsewu, tentunya proses ini tidak serta merta instan tetapi berproses karena proses perkembangan mutu perlu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

Ketua TIM program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) Nurfaizal, M.Pd kepada media mengatakan Adanya tuntutan yang kompleks ini, menuntut revitalisasi STKIP MPL untuk bisa berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu terutama pada sekolah-sekolah di Kabupaten Pringsewu. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan membuat program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). PDS merupakan salah satu program yang dapat meningkatkan potensi dosen di setiap program studi melalui pemberian kesempatan kepada dosen untuk memperoleh penghayatan tentang suasana kependidikan di sekolah, memiliki pengalaman langsung sebagai guru di sekolah (mengajar, membimbing, melatih, dan menilai), sekaligus juga berbagi pengalaman secara langsung dengan guru di sekolah.
Pada program PDS yang dilaksanakan ini diharapkan mampu untuk mendukung mewujudkan pendidikan bermutu di sekolah mitra khususnya SMP N 4 Pringsewu, SMP N 3 Pringsewu, dan SMA N 1 Pagelaran, Kata Nurfaizal. Yang di dampingi dengan Anggota Rahma Faelasofi, M.Sc. dan Anggota Siti Khoiriyah, M.Pd.

Nur Faisal menambahkan Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) merupakan salah satu bentuk program yang mendukung tujuan dari revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berbasis sekolah. Dimana pada hakekatnya program ini dilaksanakan adalah sebagai salah satu bagian dari tugas dosen yang termaktub dalam pengabdian kepada masyarakat. Hakekat dari PDS LPTK adalah dosen bertugas mengajar atau tugas lainnya di sekolah, dimana sebagian besar pelaksanaannya berupa PDS di bidang pengajaran, Ujarnya.

PDS di bidang pengajaran bermanfaat mengalirkan perkembangan IPTEKS pembelajaran yang dikembangkan di LPTK kepada sekolah di tempat PDS berlangsung. Penugasan dosen di sekolah merupakan kebijakan yang menguntungkan baik bagi LPTK maupun bagi sekolah mitra.

Kegiatan dilakukan dari bulan Mei 2019 setelah penanda tangan kontrak dari Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan samapi dengan pelaporan akhir pada bulan Desember 2019.

Pelaksanaan PDS di tahun 2019 bagi STKIP MPL merupakan kegiatan kali kedua, maka kegiatan PDS yang dilakukan disebut dengan Skema B yang artinya proses yang dilakukan revitalisasi LPTK di bagi menjadi 2 yaitu pelaksanan PDS di sekolah mitra/sekolah laboratorium, dan pelaksanaan PDS pada perkuliahan. Tiga orang dosen pelaksana PDS di sekolah Edy Irawan, M.Pd Program studi Bimbingan dan Konseling, Rahmatika Kayyis, M.Pd. Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Drs. Suminto, M.Pd. Program studi Pendidikan Matematika.

Kemudian Pelaksana PDS di perkuliahan merupakan dosen yang di tahun 2018 sudah melakukan PDS di tahun 2018 di sekolah mitra. Pada pelaksanaan PDS di perkuliahan pelaksanaan PDS dilakukan pada mata kuliah Statistik Dasar dosen pengampu Rahma Faelasofi, M.Sc, Bimbingan dan Konseling Karir dosen pengampu Nurfaizal, M.Pd, Bimbingan dan Konseling Belajar dosen pengampu Ainur Rosidah, M.Pd, Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia dosen pengampu Izhar, M.Pd, dan Scientific Writing dosen pengampu Fitri Wulandari, M.Pd.

Ketua STKIP MPL = Drs. H. A Rahman, M.M., M.Pd.
Ketua TIM PDS = Nurfaizal, M.Pd
Anggota 1 = Rahma Faelasofi, M.Sc.
Anggota 2 = Siti Khoiriyah, M.Pd
(wagiman)