Selama Pandemi Covid-19, PN Kelas 1 Bangkinang Gelar Sidang Telecoferensi

Kampar, tirasnusantara.com – Selama pandemi Covid-19 atau darurat Virus Corona, Pengadilan Negeri Kelas 1B Bangkinang menggelar sidang melalui jarak jauh atau Teleconferensi.

 

Menurut Humas Pengadilan Negeri Kelas 1B Bangkinang, Meni Warlia, S.H, M.H, ketika dikonfirmasi oleh awak media diruangan Mediasi mengatakan, karena dunia mengalami pandemi Covid 19. Terkait instruksi pemerintah untuk Social atau Physical Distancing, akhirnya kita tidak boleh membuat jadi tempat kerumunan orang – orang.

 

Sementara itu kita masih punya tugas untuk menyelesaikan perkara, itu tidak bisa dipungkiri. Akhirnya keluarlah surat edaran Dirjen, tentang pembolehan sidang secara online untuk pidana. Artinya terdakwa yang berada di Lapas, dari Lapas. Terdakwa yang ada dari Polres, dari Polres. Untuk Jaksanya dari kantor Kejaksaan, Hakimnya diruang sidang. Kalau yang pakai penasahat hukum, Penasehat Hukumnya datang ke PN boleh,” jelas Meni Warlia. Selasa, (06/05/20).

 

Lebih lanjut ditambahkan Humas PN Bangkinang Kelas 1B Bangkinang, terkait adanya putus – putus disaat sidang teleconferensi. Namanya kita sidang dalam jaringan, itukan kita perlu internet. Aplikasi yang kita gunakan aplikasi Zoom, “Alhamdulillah PN Bangkinang ini aplikasi Zoomnya sudah prabayar. Jadi tidak ada lagi masalah terkait dengan koneksi, ada sih sesekali. Sebentar saja, habis itu kita lanjutkan.

 

Selanjutnya untuk keluhan masyarakat terkait sidang teleconferensi, sejauh ini alhamdulillah belum ada. Walaupun kita tidak melihat fisik dan tidak ketemu langsung, dilayar itu kelihatan jelas suara majelis hakim dengar sampai suara jaksanya juga dengar. Saksinya kita periksa dibawah sumpah, kalau tidak menghalangi dia sumpah kita sumpah, dan penasehat hukumnya juga ada,” imbuh Meni Warlia lagi.

 

Kemudian Humas PN Kelas 1B Bangkinang menghimbau kepada masyarakat, sekarang ada wabah Covid-19. Mohonlah supaya Stay Home, jika tidak ada kepentingan diluar, jangan keluar. “Mari kita ikuti intruksi pemerintah, Shalat, cuci tangan dan jaga kebersihan. “Semoga wabah Pandemi covid – 19 ini cepat berlalu,” harap Meni Warlia, S.H, M.H. ( Rilis / Zul).