Satu Korban Tenggelam Dibekas Galian Tambang Marmer Desa Lumbir Rejo Pesawaran Ditemukan

PESAWARAN tirasnusantara.com – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 1 korban a.n. Ina Meinata (p/16) yang tenggelam pada Rabu (18/12) pukul 22.45 WIB.

Sebelumnya korban dilaporkan tenggelam pada bekas galian marmer di Dusun Komering, Desa Lumbir Rejo, Kec. Negeri Katon Kab. Pesawaran Lampung pada pukul 11.00 WIB (18/12). Korban merupakan warga Dusun Sari Rejo, Desa Tresno Maju, Kec. Negeri Katon. Saat itu korban bersama dengan tiga orang rekannya sedang berada di sekitar lokasi tersebut dan tak lama berselang korban hendak mencuci kaki di pinggir galian tersebut, dan pada saat itulah korban tenggelam.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Basarnas Lampung mengirimkan 1 tim rescue sejumlah 10 orang menuju lokasi kejadian. Pada siang tadi tim SAR gabungan melakukan penyisiran di sekitar danau bekas galian marmer tersebut. Selain itu 2 orang tim penyelam Basarnas Lampung melakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian, namun upaya tersebut belum membuahkan hasil dikarenakan penglihatan (visibility) di bawah air hanya berjarak radius 30 centimeter. Sampai sore hari pukul 17.00 WIB pencarian menggunakan perahu karet dan penyelaman dihentikan sementara.

Pada Pukul 19.30 WIB tim bersama warga dan pihak keluarga terus melakukan pemantauan di sekitar lokasi kejadian. Pada pukul 22.45 WIB korban ditemukan oleh warga pada koordinat 05°17’1″ S – 105°4’48.98″ E, kemudian Tim bersama warga mengevakuasi korban dan menyerahkan ke pihak keluarga.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi pencarian dan pertolongan ini terdiri atas Basarnas Lampung, Polres Pesawaran, Polsek Negri Katon, BPBD Kab. Pesawaran, Tagana Pesawaran, keluarga korban dan warga sekitar. (Yani/Didik. P)