Satu Jam Diguyur Hujan, Jalan dan Rumah Warga Langgini Bangkinang Kota Terendam Banjir


Kampar, tirasnusantara.com
– Setelah diguyur hujan selama satu jam, banjir kembali melanda Kelurahan Langgini yang terletak di Kecamatan Langgini, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada Kamis sore 29 Agustus 2019.

 

Selain merendam Jalan Sudirman Simpang Pelajar, RT01, RW10, Kelurahan Langgini, banjir juga memasuki rumah warga. Diduga banjir terjadi akibat saluran pembuangan air tersumbat oleh tumpukan sampah, sehingga Kelurahan Langgini yang berada di tengah – tengah Kota Bangkinang menjadi langganan banjir setiap hujan lebat.Karena kejadian ini, warga mengeluhkan sikap pemerintah Kabupaten Kampar yang tidak tanggap menangani persoalan tersebut. Sebab, sudah beberapa tahun ini jalan dan rumah mereka menjadi langganan banjir, tetapi tidak ada perhatian khusus oleh pemerintah setempat.

 

Pemerintah harusnya merasa iba melihat kondisi warganya yang selalu was – was ketika hujan turun, karena mereka takut rumahnya akan terendam banjir. Sehingga waktu istrirahat mereka terganggu, sebab harus menunggu air surut.

 

Menurut salah seorang warga Kelurahan Langgini, Zulkifli, saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, setiap hujan turun banjirnya itu sangat dahsyat sekali. Membuat warga disini resah, terutama sekali kalau banjir airnya itu masuk kerumah saya.

 

Kemudian setiap hujan datang, dijalan pelajar ini tidak bisa dilewati oleh pengendara. Kalau kondisi airnya seperti ini, hujan lebat selama setengah jam. Tetapi kalau hujan lebat sampai satu jam, airnya mau masuk kerumah kita ini,” jelasnya.

 

Sementara itu yang mengakibatkan banjir seperti ini, karena paritnya yang disana sudah tidak lancar, kotor dan tersumbat. Karena pada waktu itu pernah juga kita bersihkan, tetapi setiap datang hujan banyak sampah – sampah, sehingga mengakibatkan parit itu tersumbat lagi.

 

Selanjutnya Ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kampar melalui dinas terkait, kalau bisa diatasi secepatnya. Supaya jangan terjadi lagi banjir di daerah kami ini, tolong diperhatikan,” ungkap Zulkifli. ( Robinson Tambunan).