Rencananya Penyuntikan Vaksin Covid-19 Akan Dilakukan Serentak Tanggal 13 Januari 2021

METRO tirasnusantara.com – Dengan adanya Vaksin Covid-19 untuk penanganan dan pencegahan pemaparan Covid-19 sebagai antibodi yang telah didistribusikan oleh PT. Kimia Farma Bandung ke sejumlah daerah yang ada Indonesia termasuk salah satunya Provinsi Lampung.

Serta Rencananya penyuntikan vaksin Covid-19 ini akan dilakukan secara serentak pada tanggal 13 Januari 2021 mendatang .

Pemerintah Kota Metro telah melakukan rapat secara virtual bersama Kemendagri, Kemenkes, BNPB, dan seluruh kepala daerah seluruh Indonesia.

Wali Kota Metro Achmad Pairin memaparkan, terdapat empat jenis vaksin yang akan disuntikan pada pekan depan.

“Tadi kita sudah melakukan rapat secara virtual dengan seluruh kepala daerah serta pemerintah pusat, terkait rencana penyuntikan vaksin pada 13 Januari 2021 secara serentak. Terdapat empat vaksin Covid-19 yaitu Sinovac, Novavax, Covid Gavi, Astrazeneca dan pfizer,” ungkap pairin

Ia menjelaskan mengaku belum dapat memastikan penerima pertama penyuntikan vaksin Covid-19 di Bumi Sai Wawai ini”, ujarnya

“Untuk uji vaksin Covid-19 pertama, seharusnya kepada ketua satgas atau kepala daerah. Namun, ada pembatasan umur, mulai dari 18 sampai 59 tahun, sedangkan saya sudah di atas 60 tahun, jadi kemungkinan nanti kepala OPD lain yang akan menggantikan saya, lalu tim medis, baru masyarakat Kota Metro,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, terkait vaksin, akan dilakukan lagi pertemuan di provinsi untuk membahas pendistribusian dan jumlah vaksin yang diterima tiap kabupaten/kota di provinsi Lampung.

“Tanggal 11 Januari 2021 nanti kita akan mendapatkan kepastian tentang siapa dan berapa jumlah vaksin Covid-19 yang akan diterima, serta cara dan penjelasan efek samping yang ditimbulkan pada tubuh saat divaksin,” tambah Pairin. (Eka)