Rembuk Pekon Kembalikan Aset Untuk Meningkatkan PAD Pekonmon

PESISIR BARAT tirasnusantara.com – Pratin Pekon Pekonmon Arwansah memimpin rembuk Pekon terkait pembebasan tanah yang bersetatus Pasilitas Umum, acara rembuk Pekon dihadiri juga oleh Babin Kamtibmas anggota Polsek Bangkunat dan juga Babinsa dari Koramil Pesisir Selatan.

Pasilitas Umum yang sebelumnya hak guna garap lahan tanah tersebut di garap oleh indipidu atau oknum perorangan. Arwansah selaku Pratin Pekon Pekonmon mengambil alih hak garap indiindipidu tersebut menjadi hak garap yang dikelola oleh Pekon, yang tujuanya nantinya agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial antar warga masyarakat.Pasalnya selama berpuluh puluh tahun yang mengggarap lahan yang bersetatus Pasilitas Umum hanya untuk kepentingan pribadi/oknum tidak ada kontribusi ke KAS Pekon. Sehingga menimbulkan kecemburuan sosial antar warga.

Arwansah juga meminta warga yang selama ini menggarap atau mendirikan tempat usaha diatas lahan yang bersetatus Pasilitas Umum agar dapat legowo setelah lahan tersebut di ambil alih untuk dikelola oleh Pekon.

Babinsa dan Babinkamtibmas yang hadir dalam acara rembuk Pekon juga menghimbau kepada masyarakat yang selama ini telah menikmati hasil dari pasilitas umum milik Pekon itu dapat mengerti dan menta’ati kebijakan pemerintah Pekon sa’at ini.Luas pasilitas umum yang dimiliki Pekon Pekonmon berupa lahan kering seluas lebih kurang 6 hektar yang berada di dua Pemangku, yaitu Pemangku Danau Kurung dan Pemangku Siring Seluang.

Rincian 1 Ha digunakan untuk masjid, 1 Ha Gedung Taman kanak kanak (TK) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), 1 Ha calon lokasi pasar, 1 Ha lapangan bola kaki, dan seluas 2 Ha masih kosong itu yang selama ini dimanfaatkan oleh perorangan untuk bercocok tanam yang hasilnya untuk peribadi.

Dengan pengembalian hak garap ke Pekon yang sekarang telah di lakukan. Arwansah berharap kedepan menjadi tambahan PAP (Pendapatan Asli Pekon), dan tidak ada lagi kecemburuan sosial di masarakat seperti yang terjadi selama ini. Tuturnya. (Roso/team)