RAS Sambut Baik Berbagai Perlombaan Oleh Tim Penggerak PKK Way Kanan

WAY KANAN tirasnussntara.com – RAS Sambut Baik Penilaian Lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK-KESEHATAN).

Bupati Raden Adipati Surya mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan, khususnya di Kampung Bumi Merapi Kecamatan Baradatu. Mudah-mudahan kedatangan Tim Penilai akan memberikan motivasi bagi kami dalam melaksanakan pembangunan khusus dibidang PKK, KB dan Kesehatan.

Jika kita simak dan cermati berbagai isu dan permasalahan penting dalam bidang KB dan kesehatan, seperti makin menurunnya kemampuan masyarakat untuk menyediakan alat kontrasepsi yang diperlukan, pelayanan kesehatan yang yang belum sepenuhnya memadai, hal inilah yang dapat memicu tidak terkontrolnya angka kelahiran, sehingga menimbulkan lonjakan jumlah penduduk secara tidak berimbang antara penduduk usia produktif dengan penduduk usia tidak produktif, seperti di ketahui bahwa jumlah penduduk usia tidak produktif lebih banyak dibandingkan usia produktif.

Mengingat pentingnya peranan keluarga dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka keluarga perlu memperoleh pembinaan dan peningkatan di bidang kesejahteraan dan ketahanan keluarga secara baik dan optimal yang meliputi : Fungsi keagamaan, fungsi pendidikan, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi, fungsi ekonomi dan fungsi kelestarian lingkungan. Fungsi-fungsi tersebut menjadi motivasi kita untuk lebih berusaha meningkatakan kualitas keluarga kita.

Pemberdayaan keluarga menjadi amat penting, mengingat saat ini makin maraknya penyalahgunaan Narkoba dan prilaku yang menyimpang oleh generasi muda kita. Hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama untuk mengatasi hal-hal terebut yang tentunya harus kita mulai dari keluarga kita masing-masing.

Selanjutnya, mengenai keberhasilan Kampung Bumi Merapi menjadi wakil Kabupaten Way Kanan dalam lomba Kesrak PKK-KKBKP-KESEHATAN Tingkat Provinsi Lampung tahun ini, tentunya berkat kerja keras dan kerjasama antara aparat Kampung Bumi Merapi, masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kampung Bumi Merapi atas kerja keras dan partisipasinya untuk mempersiapkan kegiatan ini, sehingga dapat diikut sertakan pada lomba Kesrak PKK-KKBKP-KESEHATAN Tingkat Provinsi Lampung.

Keikutan serta Kampung Bumi Merapi ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berusaha mensejajarkan diri dengan Kampung di Kabupaten/kota lain di Provinsi Lampung. Untuk itu diharapkan kepada Tim Penilai agar mengadakan pembinaan dan bimbingan kepada masyarakat khususnya di Kampung Bumi Merapi dan umumnya di Kabupaten Way Kanan, sehingga akan tercipta keluarga yang berkualitas dan masyarakat yang sehat, makmur dan sejahtera.

Dalam melakukan penilaian kiranya Tim penilai juga tidak mengesampingkan upaya dan kerja keras masyarakat Kampung Bumi Merapi, sehingga tujuan dari kegiatan ini benar-benar dapat tercapai dan membawa manfaat secara luas bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan, yang pada akhirnya tentu kami sangat berharap Kampung Bumi Merapi menjadi terbaik dalam penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2019 ini.

Kepada seluruh SKPD dan instansi terkait, saya berharap agar dapat terus memberikan perhatiannya terutama pasca lomba berlangsung. Masyarakat setempat tetap perlu mendapat perhatian, karena mereka telah bersusah payah dan bergotong royong membangun Kampung dalam rangka menunjukkan peran serta dalam pembangunan di Kabupaten Way Kanan yang kita cintai ini.

Laporan Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Dessy Afriyanti Adipati
Krisis ekonomi yang masih berlanjut, menuntut kita untuk terus meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dan undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah.

Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 program pokoknya bertujuan untuk memberdayakan keluarga dan mencapai kesejahteraan keluarga, dalam rangka mewujudkan hal tersebut dilakukan antara lain melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah, program KB dan pembangunan bidang kesejahteraan khususnya pada program 7,8 dan 10 yakni kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat
Dalam rangka lebih meningkatkan efesiensi serta kesinambungan pelaksanaan program itu, maka diadakan intensifikasi lintas sektor dibidang pemberdayaan keluarga, KB dan kesehatan melalui kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK – kesehatan.

Dengan dukungan lintas sektor maka kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok PKK, Institusi KB dan kesehatan di tingkat kampung kebawah dengan kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.
Terkait Penilaian Lomba kesatuan gerak PKK KKBPK – kesehatan pada Hari ini Izin Kami laporkan Hal-hal sebaga berikut:
Dasar Pelaksanaan
1. Pedoman Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK – Kesehatan Dan Lomba Kegiatan-Kegiatan PKK Tahun 2019
2. Petunjuk Teknis Kesatuan Gerak PKK-KKBPK – Kesehatan Dan Lomba Kegiatan-Kegiatan PKK Tahun 2019
3. Surat Keputusan Bupati Way Kanan Nomor : B.396/IV.II-WK/HK/2019 Tentang Pembentukan Tim Pelaksana Kesatuan Gerak PKK-KKBPK – Kesehatan Tahun 201
4. Surat Kepala BKKBN Provinsi Lampung, Nomor : 3033/BL.102/J.5/2019, Tentang Pelaksanaan Penilaian Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019
5. Hasil Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Tanggal 2 Oktober 2019, Tentang Rapat Persiapan Lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga-Keluarga Berencana-Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2019

A. TUJUAN UMUM
Meningkatnya Cakupan Pelayanan Yang Adil Dan Berkualitas Dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana Dan Kesehatan Sebagaimana Tertuang Dalam Upaya Pencapaian RPJP-RPJMN.

B. TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan Kepedulian Dan Peran Serta Masyarakat Khususnya Dalam Peningkatan Jumlah Dan Mutu Posyandu Dan Kadernya, Serta Melaksanakan Revitalisasi Posyandu.
2. Meningkatkan Rumah Tangga Sehat Di Kabupaten Way Kanan
3. Mendorong Tumbuh Dan Berkembangnya Partisipasi Dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Pelayanan Sosial Dasar, Khususnya Program KB Dan Kesehatan.
4. Tumbuh Dan Berkembangnya Kelompok-Kelompok Kegiatan PKK Sampai Ke Kelompok Dasa Wisma
5. Meningkatkan Cakupan Dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Program KB Khususnya Bagi Pra Sejahtera Dan KS 1
6. Memantapkan Peranan Kelembagaan Dan 10 Program Pokok PKK Khususnya Di Bidang KB Dan Kesehatan
7. Memilih Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KKBK-Kesehatan, Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih Dan Sehat, Pelaksana Terbaik PHBS Dirumah Tangga Serta Pelaksana Terbaik Posyandu Mulai Dari Tingkat Kampung, Kecamatan Dan Kabupaten.

WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Kegiatan Pembinaan Dan Monitoring Untuk Tingkat Kecamatan Dilaksanakan Selama Tiga Bulan Dari Bulan Oktober 2019 Sampai Dengan Desember 2019
2. Pelaksanaan Monitoring Dan Penilaian Tingkat Propinsi Dilaksanakan Pada Tanggal 05 Desember 2019 Di Kampung Bumi Merapi Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung

PELAKSANAAN KEGIATAN
PERSIAPAN
a. Merumuskan Dan Menetapkan Sasaran Kegiatan Dan Hasil Yang Akan Di Capai.
b. Membuat Jadwal Kunjungan Pembinaan, Monitoring Dan Evaluasi Secara Bersama-Sama Pada 14 Kecamatan.
c. Menyiapkan Sasaran Pendukung Yang Meliputi Daya, Dana Dan Sarana.
d. Melaksanakan Rapat Koordinasi Antar Sektor Terkait.

PELAKSANAAN
Pelaksanaan Kegiatan Dilaksanakan Secara Terpadu Pada Tingkat Kampung Disamping Diarahkan Pada Pelayanan Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (KIE), Pelayanan KB/KS, Kesehatan (Posyandu, PHS DAN LBS) Dan Pemantapan Kelembagaan Serta Fungsi Kader PKK Pada Tingkat Kampung Kebawah Secara Bersama Dilakukan Pengendalian.

HASIL KEGIATAN
1. Telah Dilakukan Pembinaan Dan Monitoring Pelaksanaan Kesrak PKK KKBPK – Kesehatan Selama Bulan Oktober Sampai Dengan Desember 2019
2. Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan IVA
3. Pelaksanaan Kegiatan Terpadu Antara Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia Dan Pusat Informasi Dan Konseling Remaja
4. Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)
5. Pembentukan “Nuwa Curhat” Guna Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dengan Melaksanakan Pola Asuh Anak Dan Remaja (PAAR)
6. Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
7. Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Terintegrasi
8. Meningkatkan Cakupan KB Baru MKJP
9. Meningkatkan Kerajinan Tangan (UP2K DAN UPPKS)
10. Melakukan Pembinaan Administrasi PKK
11. Pemanfaatan Pekarangan Dengan Dibuatnya Kebun Kolektif Dan Kebun Sayuran (HATINYA PKK)
12. Terpilihnya Kampung Bumi Merapi Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung Sebagai Pelaksana Terbaik Kesrak PKK KKBPK – Kesehatan Tingkat Provinsi Tahun 2019

PEMBIAYAAN
Dukungan Daya, Dana Dan Sarana Disetiap Tingkat Wilayah Pada Dasarnya Bersumber Dari Masing-Masing Pihak Yang Dipadukan Dalam Satu Kegiatan Dengan Memperhatikan Kemampuan Masing-Masing Atas Dasar Kesepakatan Dan Kondisi Saat Ini.
1. PKK
2. Dinas P3AP2KB
3. Dinas Kesehatan
4. Dinas PMK
5. Pihak Pemerintah Kabupaten Melalui Bantuan Bapak Bupati
6. Pihak Swasta Yang Tidak Mengika
POSKO
Selama Kegiatan Berlangsung Dibuat Posko Dari Tingkat Kabupaten Sampai Dengan Tingkat Kampung.

Demikian beberapa hal yang dapat kami laporkan pada kesempatan ini. Kepada Bapak Bupati, pada saatnya nanti kami mohon agar kiranya dapat memberikan arahan Pada Penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 pada hari ini. (Fery/Lukman)