PT Penerbit Erlangga Memberikan Aplikasi Laporan Perkembangan Anak Paud Gratis

PRINGSEWU tirasnusantara.com – Workshop Pelatihan Alcapap (Aplikasi Laporan Capaian Perkembangan Anak Paud), menuju paud berkualitas, peserta dari Himpaudi Kecamatan se-Kabupaten Pringsewu, bekerjasama dengan Penerbit Erlangga, di Rumah makan Gundil Sidoharjo, Kamis, (12/3/2020).

Kegiatan ini di hadiri Oleh Umi Laila Ketua Himpaudi Kabupaten Pringsewu, Erna Trilitahati Perwakilan IGTKI Kabupaten Pringsewu Operator Paud dari Himpaudi dan IGTKI.

Umi Laila Ketua Himpaudi Kabupaten Pringsewu dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara mengatakan berkembangnya teknologi menjadi batu loncatan yang baik bagi perkembangan pendidikan anak usia dini. Seperti yang digagas PT Penerbit Erlangga, melalui Aplikasi Laporan Perkembangan Anak Paud (ALCAPAP).

Aplikasi teranyar ini akan mempermudah penilaian guru kepada para siswa-siswinya yang berada di pendidikan anak usia dini (PAUD) maupun taman kanak-kanak (TK).

”Ada enam aspek penilaian yang biasanya dinilai guru, yaitu perkembangan seni, moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa serta sosial emosional. Nah, aplikasi ini dapat mempermudah penilaian semua aspek tersebut,” ujar Umi.

Nokky selaku Pemateri menjelaskan, nantinya guru yang selama ini mendeskripsikan bentuk perkembangan anak melalui rapor, bisa langsung memasukkannya ke aplikasi khusus tersebut. Secara otomatis, hasil kegiatan belajar mengajar pun akan tersusun rapi.

”Perkembangan anak juga ditentukan dengan empat nilai, yakni: 1) Belum berkembang (BB); 2) Mulai berkembang (MB); 3) Berkembang sesuai harapan (BSH); dan 4) Berkembang sangat baik (BSB). Keempat nilai inilah yang melihat siklus perkembangan anak Paud,” urainya.

Nokky menambahkan acara ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dan kesetaraan guru PAUD. “Kami ingin persamaan atau kesetaraan, tidak ada lagi perbedaan Paud formal maupun non formal, tidak ada lagi perbedaan dalam segi kesejahteraan dan perhatian. Karena disini juga kita memakai kurikulum yang sama, tidak ada yang membedakan,” jelasnya.

“Baik Paud ataupun TK sama saja. Bagaimana semua menciptakan anak-anak menjadi anak yang baik, cerdas dan berahlak mulia. Sehingga kedepan punya potensi untuk mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan menjadi generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Operator Paud yang hadir saat ini nanti akan menjadi sebagai Pemateri untuk setiap Kecamatan masing-masing, sehingga mengajarkan pelatihan kepada para operator Himpaudi Kecamatan, menerangkan bahwa aplikasi yang didesain khusus tersebut sengaja dibuat bagi lembaga-lembaga Paud  yang sudah bekerja sama dengan PT Penerbit Erlangga. Dirinya mengaku bahwa aplikasi ini tidak diperjualbelikan, namun diberikan secara gratis, katanya.

Jadi ini merupakan bonus bagi sekolah-sekolah yang bekerja sama dan menggunakan buku terbitan Erlangga. Kami berikan aplikasi beserta password-nya untuk mengakses penilaian,” tutupnya. (Wagiman)