Pringsewu Gelar Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku

PRINGSEWU tirasnusantara.com – Kegiatan Puncak Acara Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU), di Paud Harapan Bangsa Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Sabtu, (27/7/2019).

Pengelola Paud Harapan Bangsa Banjarejo, IG. Takatno, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan Gernas Baku ini dilaksanakan atas Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nomor : 1016/C3.2/TU/2019 tentang Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) 2019, bahwa setiap lembaga PAUD di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku Puncak acara hari ini tanggal 27 Juli 2019 secara serentak diseluruh Indonesia, Kata Takatno.Takatno menambahkan Sebelum kegiatan puncak acara hari ini, kami lembaga PAUD Harapan Bangsa Banjarejo sudah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan antara lain :

1. Pada hari Selasa, 9 Juli 2019 Rapat Persiapan Gernas Baku ; Pengelola PAUD, Pendidik PAUD dan Komite PAUD Harapan Bangsa; membuat rencana / rangkaian kegiatan gernas baku
2. Hari Selasa, 16 Juli 2019 ; Kegiatan Sosialisasi Gernas Baku Kepada Wali Murid dan dihadiri oleh Bapak Camat, Bunda PAUD Kecamatan Banyumas, Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Banyumas, Penilik PAUD dan Dikmas, Kepala Pekon Banjarejo, Aparatur Pekon, Tokoh Masyarakat, Agama dan Kader Posyandu, BKB, BKR, BKL.
Mensosialisasikan Apa itu Gernas Baku? Tujuan Gernas Baku ? Kapan Pelaksanaannya?
3. Hari Rabu, 17 Juli 2019 Kegiatan Donasi Buku dari Wali Murid; masing-masing wali murid membawa buku minimal 2 buku cerita untuk disumbangkan ke PAUD
4. Hari Jumat, 19 Juli 2019 Kegiatan Seminar dan Parenting Gernas Baku ; dengan materi Menumbuhkan Minat Baca Anak dan Pentingnya Peranan Orang Tua.
5. Hari Sabtu, 27 Juli 2019 Puncak Acara Gernas Baku, yang kita laksanakan pada hari ini. Kegiatan Puncak Gernas Baku ini, yang di ikuti oleh satuan Lembaga PAUD se Indonesia, Ujarnya.Lain halnya dengan Umi Laila, M.Pd.I selaku Ketua Himpaudi Kabupaten Pringsewu di sela-sela acara memberikan apresiasi Kepada Lembaga Paud Harapan Bangsa Banjarejo, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu yang mana telah melaksankan Kegiatan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku ( Gernas Baku 2019 ).

Gernas Baku merupakan rangkaian kegiatan untuk mengenalkan Buku kepada anak-anak, Tujuan Kegiatan Gernas Baku untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini yang dimulai dengan orang tua membacakan cerita atau buku bergambar kepada anaknya setiap hari, supaya anak tidak terbiasa dengan ponsel atau hp melainkan dengan Buku. Dengan membacakan buku kepada anak dapat menumbuhkan minat baca anak dan dapat mempererat hubungan sosial-emosi antara anak dengan orang tua, membaca ibarat membuka jendela dunia, mengenalkan dan mengantarkan anak-anak kita memperluas wawasannya, tumbuhkan kebiasaan baik ini sejak usia dini, ketika dewasa kelak mereka akan menjadikan buku sebagai teman terbaiknya, ucapnya.Dalam sambutannya Bupati Pringsewu H. Sujadi Saddat mengajak anak-anak menyanyikan Lagu “Ayah Bunda Bacakan Aku Buku”, Setelah itu Bupati bertanya kepada Ibu Wali murid, sehari berapa kali membacakan Buku kepada anaknya? Mengajak kepada seluruh masyarakat, terutama wali murid PAUD untuk membacakan buku setiap hari, mengajari anak-anak untuk berdoa, ngaji, hafalan doa-doa, dan mengharapkan tokoh agama, masyarakat dan guru-gurunya dapat membuat lagu-lagu atau cerita yang ada unsur keagamaannya.

Contohnya kisah Nabi Ibrohim.
Diakhir sambutan Bupati didampingi dengan Bunda PAUD Kabupaten Pringsewu melepaskan Balon sebagai tanda dimulainya Puncak acara Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku di PAUD Harapan Bangsa.Dihadiri oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi, Bunda Paud Kabupaten Pringsewu Hj. Nurrohmah Sujadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu H. Heri Iswahyudi, Kabid Paud dan Dikmas Hj. Peni Widiyanti, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Ketua Himpaudi Kabupaten Pringsewu Hj. Umi Laila, Camat Banyumas Hartoyo, Bunda Paud Kecamatan Banyumas, Bunda Paud Pekon se-Kecamatan Banyumas, Kepala UPT Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Banyumas, Penilik Paud Banyumas, Ketua Himpaudi Banyumas, Kepala Pekon Banjarejo, Aparatur Pekon Banjarejo, Tokoh Masyarakat/Agama, Kader Posyandu, BKB, BKR, BKL, dan Bapak/Ibu Wali Murid PAUD Harapan Bangsa. (Wagiman)