Polres Kampar Lounching Gerakan Jaga Kampung Program Kampung Tangguh Nusantara di Desa Laboy Jaya

Kampar, tirasnusantara.com – Kamis (9/7/2020) sekira pukul 10.00 Wib, bertempat di Desa Laboy Jaya, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, telah Dilounching Gerakan Jaga Kampung untuk Jajaran Polres Kampar sebagai bagian Program Kampung Tangguh Nusantara.

 

Kegiatan ini dihadiri Kapolres Kampar yang diwakili Kabag Sumda, Kompol. Karyono, beserta Kasat Binmas, AKP. Ratip, Camat Bangkinang, Amir Lutfi S.Sos, Kasat Sabhara, AKP. Ikwan Widarmono, Kasat Narkoba, AKP. Daren Maysar, S.H, Kapolsek Bangkinang Kota, Iptu. Era Maifo, dan Kapolsek Bangkinang Barat, Iptu. Supriadi.

 

Kemudian kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa se-Kecamatan Bangkinang dan Bhabinkamtibmas, serta warga masyarakat Desa Laboy Jaya yang berjumlah sekitar 500 orang.

Sementara itu, acara diawali dengan Pembacaan Do’a dan dilanjutkan kata sambutan dari Kepala Desa Laboy Jaya, yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polri atas terlaksananya kegiatan ini. Karena Desa Laboy Jaya menjadi PilotProject atau percontohan untuk Kabupaten Kampar, semoga kegiatan ini berkelanjutan dan berkontribusi bagi peningkatan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

 

Berikutnya kata sambutan dari Camat Bangkinang, Amir Lutfi, S.Sos, yang mengapresiasi Polri atas terlaksananya program ini, dalam rangka peningkatan ketahanan pangan. Khususnya bagi daerah Kabupaten Kampar, diharapkan seluruh desa se-Kecamatan Bangkinang dapat mengikuti program ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

 

Selanjutnya kata sambutan dari Kabag Sumda yang mewakili Kapolres Kampar, pada kesempatan ini Kabag Sumda menyampaikan, bahwa Gerakan JagaKampung Polda Riau merupakan bagian dari Program Kampung Tangguh Nusantara.

 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi semua komponen Masyarakat, agar turut berpartisipasi dan bergotong royong dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan pada masa Pandemi Covid 19,” ucap Kabag Sumda Polres Kampar.

 

Pada kesempatan ini Kabag Sumda Polres Kampar juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat, tentang penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan juga tentang pemeliharaan Kamtibmas.

 

Terkait Gerakan Jaga Kampung yang pada tahap awal dilaksanakan di Desa Laboy Jaya ini, diharapkan dapat menginspirasi Desa – desa lainnya untuk melakukan kegiatan yang sama. Sehingga gerakan ini benar – benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas,” ujar Kabag Sumda Polres Kampar.

 

Terkahir dilakukan peninjauan Lokasi Penanaman bawang dan cabe, serta penyemaian bibit jagung pada lahan yang telah disiapkan, kemudian dilanjutkan peninjauan kolam ikan.

 

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian bantuan sosial dari Polres Kampar berupa 150 paket sembako kepada masyarakat berisi beras, minyak goreng, bibit jagung dan bibit sayuran. Kegiatan berakhir sekira pukul 11.00 Wib, dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar. ( Rilis / Zul).