Polres Kampar Gelar Focus Group Discussion Tentang Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa

Kampar, tirasnusantara.com – Jumat (13/12/2019) mulai pukul 09.45 Wib, bertempat di Aula Hotel Bangkinang Baru Jalan D.I. Panjaitan Kec. Bangkinang Kota, dilaksanakan acara FGD (Focus Group Discussion) dengan tema “Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa di Wilayah Hukum Polres Kampar”.

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Satuan Binmas Polres Kampar dengan menghadirkan beberapa para Kepala Desa se-Kabupaten Kampar, serta anggota Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Kampar, dengan jumlah yang hadir sekitar 150 orang.

 

Acara ini juga dihadiri Kapolres Kampar yang diwakili Waka Polres, Kompol. Ricky Ricardo, S.I.K, Kasat Binmas, AKP. Ratip, dan sejumlah Perwira Polres Kampar, serta seluruh Kanit Binmas Polsek Jajaran.

 

Kemudian sebagai Narasumber yang memberikan materi antara lain, Waka Polres Kampar, Kompol. Ricky Ricardo, S.I.K, Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Kabupaten Kampar, Tarmizi, S.H, M.H, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kampar, Silfanus Rotua Simanulang, S.H, dan Kanit Tipikor Satreskrim Polres Kampar, Iptu. Marupa Sibarani, S.H.

 

Selanjutnya Waka Polres Kampar, Kompol. Ricky Ricardo, S.I.K, yang hadir mewakili Kapolres Kampar, dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir mengikuti Focus Group Discussion ini.

 

Sesuai tema Diskusi “Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa di Wilayah Hukum Polres Kampar”, bahwa masalah dana desa ini sebagai salah satu yang menjadi sorotan masyarakat luas, dan juga menjadi perhatian khusus dari pemerintah.

 

Sebab dana desa bersumber dari APBN dengan alokasi anggaran yang sangat besar yang ditahun 2019 ini mencapai Rp 70 Triliun, penggunaan dana desa ini adalah untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat desa.

 

Lebihlanjut, momen FGD ini hendaknya dijadikan kesempatan untuk menambah wawasan peserta. Khususnya bagi para Kepala Desa, sehingga dalam penggunaan dana desa ini dapat berjalan sesuai aturan, serta tidak ada lagi penyimpangan,” jelas Waka Polres Kampar.

 

Berikutnya Narasumber dari Inspektorat Kabupaten Kampar, Tarmizi, S.H, M.H, yang menjelaskan tentang peran Inspektorat Kabupaten Kampar, sebagai salahsatu Instansi Pemerintah yang ditugaskan mengawasi pelaksanaan dan penggunaan dana desa,” ungkapnya.

 

Sementara itu Narasumber dari Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kampar, Silfanus Rotua Simanulang, S.H, pada kesempatan ini menjelaskan peran Kejaksaan Negeri sebagai salah satu institusi yang memiliki kewenangan melakukan pengawasan dan juga menangani perkara tindak pidana penyalahgunaan dana desa,” terangnya.

 

Narasumber selanjutnya adalah Kanit Tipikor Satreskrim Polres Kampar, Iptu. Marupa Sibarani, S.H, menjelaskan secara panjang lebar tentang Dana Desa, dan peraturan per-Undang – undangan yang mengatur penggunaan dana desa, serta tindak pidana penyalahgunaan dana desa,” imbuhnya.

 

Selain itu, dalam FGD juga dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi terkait materi yang disampaikan beberapa peserta juga mengajukan pertanyaan, serta saran usul yang ditanggapi langsung oleh narasumber.

 

Kegiatan berakhir sekitar pukul 15.00 Wib, dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar. ( Rilis / Robinson Tambunan).