Peringatan Hari Amal Bhakti ke-75 Kemenag dan Baznas Pesawaran Berikan Santunan dan Khitanan

Pesawaran Tirasnusantara.com,- Kementrian Agama Republik Indonesia bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesawaran,dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) laksanakan beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Khitanan masal dan memberikan santuan berupa bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi kurang mampu.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh dua lembaga dikabupaten Pesawaran itu dilaksanakan di Aula Kantor Kementrian Agama Republik Indonesia Kabupaten Pesawaran,pada Selasa,29 Desember 2020.

Rangkaian kegiatan diantara nya di isi dengan kegiatan Khitanan masal untuk 75 anak kurang mampu,dan santuan bagi siswa siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) berprestasi sejumlah 300 siswa dan siswi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran H.Farid Wajedi,S.Ag. M.Kom.I yang diwakili oleh Drs. H.Aswari selaku ketua panitia Hari Amal Bhakti ke-75, mengatakan dalam sambutannya,”Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementrian Agama Republik Indonesia yang Ke-75 yang diperingati pada setiap tanggal 3 Januari,Kementrian Agama dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesawaran melakukan rangkaian kegiatan berupa Khitanan masal dan Santunan Siswa Berprestasi Kurang Mampu.

Dana tersebut diperoleh dari dana zakat profesi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Pesawaran dan masyarakat setiap bulannya yang di himpun oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupatrn Pesawaran.”ungkapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Pesawaran H.A.Hamid S. SH,MM., yang diwakili oleh Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, KH Endang Zainal Khidir mengatakan,”Dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama Republik Indonesia kami bekerja sama mengadakan kegiatan kegiatan Khitanan masal dan Santuan bagi siswa dan siswi berprestasi..

Untuk kegiatan Khitanan masal masing-masing anak senilai Rp.900.000 (Sembilan Ratus Ribu Rupiah) berupa biaya khitan dan uang tunai. Sedangkan untuk siswa dan siswi berprestasi Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 300 siswa dan siswi setiap siswa menerima Rp.300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah) .Bantuan beasiswa itu diberikan secara simbolis kepada 5 orang siswa di Aula kantor Kemenag RI Kabupaten Pesawaran karena saat ini masih pandemi Covid-19, sehingga kita harus tetap melaksanakan kegiatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,maka pembagian santunan nya dibagi per zona”ungkapnya ketika diwawancara media ini

Untuk zona 1 yaitu dari Kecamatan Way Ratai,Padang Cermin,Teluk Pandan dan Marga Punduh. Zona II yaitu Kecamatan Negeri Katon,Tegineneng dan Gedong Tataan. Dan Zona III,Kecamatan Kedondong,Way Khilau dan Way Lima.”ungkapnya

Lebih lanjut Ia mengatakan,”program beasiswa, siswa berprestasi adalah program pemberian santunan pendidikan kepada siswa dan siswi berprestasi yang kurang mampu, mengingat masih banyak anak-anak yatim,dhuafa di Kabupaten Pesawaran yang jarang tersentuh oleh lembaga pemberi beasiswa. Jangan dilihat nilai nya tapi bentuk perhatian dan empati kami kepada siswa dan siswi MTs dan MI yang berprestasi dan kurang mampu di Kabupaten Pesawaran.Meskipun sebagian madrasah sudah banyak yang gratis tetapi biaya pembelian buku dan seragam serta uang saku siswa masih menjadi masalah,semoga dengan adanya santunan ini akan terbantu.” ungkapnya

Ia menambahkan, generasi yang cerdas, terdidik, pintar, terampil mungkin menjadi dambaan kita semua, namun harapan itu saat ini mungkin agak sulit dijangkau oleh kalangan ekonomi menengah ke bawah dikarenakan makin tingginya biaya hidup dan pendidikan,sehingga tidak sedikit dari saudara-saudara kita yang saat ini mengalami putus sekolah, tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan sebagainya,sehingga ini perlu menjadi perhatian kita bersama,”tandasnya ( Amin )