Peresmian Tribun Olahraga dan HUT RI Ke 74 Dimeriahkan Dengan Berbagai Kegiatan

PRINGSEWU tirasnusantara.com – Camat Sukoharjo Edi Yanto meresmikan tribun olahraga dan semenisasi lapangan Pekon Pandansurat, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, pekan lalu. Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan sekaligus pemotongan Tumpeng HUT RI ke 74, Jumat, (16/8/2019).

Edi mengatakan, pembangunan tribun olahraga di desa tersebut bisa dijadikan tolok ukur untuk kemajuan olahraga.
Dengan menggunakan Dana Desa Tahap II Tahun 2019.

“Artinya untuk mencetak atlet-atlet dan menyalurkan bakat olahraga anak-anak atau masyarakat sekitar,” kata Edi.

Camat berharap, dengan adanya tribun olahraga tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemuda di wilayah tersebut. “Apakah untuk sekadar berolahraga maupun penyaluran bakat. Yang jelas, desa ini sudah memiliki fasilitas atau wadah untuk berolahraga,” ujar Edi.

Selain itu, lanjut dia, tribun olahraga tersebut bisa juga digunakan untuk gedung serbaguna. “Seperti acara-acara lainnya. Misalnya pernikahan atau acara-acara rakyat lainnya, Sehingga bisa multiguna,” tegasnya.

Sigit Astowo Selaku Ketua Apdesi Kecamatan Sukoharjo mewakili kepala Pekon Setempat Kita inginkan, kawasan Stadion tersebut bisa menjadi kawasan sport center dan pembinaan bagi atlet-atlet Kecamatan Sukoharjo,” tandasnya.Sigit menambahkan dalam memeriahkan HUT RI ke 74, Pekon pandansurat mengadakan berbagai macam kegiatan diantaranya : gebyar kuda kepang lima hari lima malam, jalan sehat, lomba kesenian, lomba mewarnai anak – anak futsal ibu – ibu, grobak sodor dan lain-lain.

Gerbar kuda kepang di ikuti oleh 5 ( lima ) paguyupan kuda kepang yang berada di pekon pandansurat. Gebyar kuda kepang yang diselenggarakan oleh pekon pandansurat sangat meriah, itu bisa dilihat dari antusias penonton yang memadati lapangan tempat pentas, diperkirakan jumlah penonton kurang lebih 2 ribuan orang tiap harinya.

Penonton tidak hanya dari warga sekitar tetapi banyak penonton dari luar pekon pandansurat, bahkan ada yang datang dari luar kecamatan sukoharjo, itu berarti kesenian kuda kepang masih di gemari oleh masyarakat, penontonya dari kalangan anak – anak sampai orang tua. Tidak hanya gebyar kuda kepang yang di padati penonton , antusias warga pun masih tinggi dalam kegiatan jalan sehat yang diadakan oleh pekon pandansurat yang dipanitiai oleh karang taruna bina karya pekon pandansurat, kupon yang disediakan oleh panitia pun habis, peserta tidak hanya dari kalangan anak – anak, para orang tua pun ikut serta dalam kegiatan ini, kata sigit.

Banyak hadiah yang disediakan oleh panitia, peserta pun sangat antusias dalam pembagian hadiah. (wagiman)