Pengurus BUMK Dempo Mekar Jaya Ikuti Pelatihan,Sebagai Upaya Menambah Wawasan Mengelola BUMK

Lampung Tengah Tirasnusantara.com,-Kamis 03 September 2020. Sebagai upaya guna meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK/BUMDes) yang merupakan badan usaha milik kampung yang didirikan dengan tujuan memanfaatkan dan memberdayakan potensi yang ada dikampung,Kampung Mojokerto dirikan badan usaha yang sudah beberapa tahun ini,yang diberinama Badan Usaha Milik Kampung Dempo Mekar Jaya (BUMK Dempo Mekar Jaya). Upaya peningkatan kualitas itu antara lain dengan mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan yang berkaitan dengan pengelolaan BUMK/BUMDes. Baik dalam hal pengelolaan administrasi dan juga pengelolaan unit-unit usaha yang dimiliki.

Seperti bebarapa hari lalu tepatnya mulai tanggal 01 September 2020,Pengurus BUMK Dempo Mekar Jaya Kampung Mojokerto mengikuti pelatihan yang di adakan oleh Kementrian Desa PDTT bekerjasama dengan Bakti Kominfo terkait dengan pengelolaan Toko Online.

Pelatihan pengelolaan Toko Online yang di selenggarakan oleh Kemendes PDTT bekerjasama dengan Bakti Kominfo tersebut di ikuti berdasarkan hasil seleksi yang memilih 100 Bumdes dari seluruh Indonesia oleh Tim Bumdesmart dari Kemendes yang salah satu pesertanya adalah BUMK/BUMDes Dempo Mekar Jaya Kampung Mojokerto Kecamatan Padangratu Kabupaten Lampung Tengah.

Dari hasil seleksi atau penjaringan yang terpilih 100 Bumdes dari seluruh Indonesia selain mengikuti pelatihan pengelolaan Toko Online, juga BUMK/BUMDes Dempo Mekar Jaya mendapatkan fasilitas Toko Online yang merupakan Sub Domain dari bumdesmart.id yang diberinama Toko Online Dempomart.

Agus Sujito selaku Ketua BUMK/BUMDes Dempo Mekar Jaya usai mengikuti pelatihan Via Daring pada Kamis 03 September 2020 mengatakan,”saya secara pribadi maupun atasnama pengurus BUMK Kampung Mojokerto mersa senang bisa mengitu pelatihan-pelatihan seperti ini,meskipun pelatihan nya dilakukan dengan Daring mengingat kondisi saat ini dalam kondisi Pandemi Covid-19,tapi kami sangat semangat dan antusias untuk mengikutinya karena ini kesempatan yang jarang bisa didapat bisa pelatihan dan diskusi dengan temen-temen dari berbagai daerah di Indonesia,ditambah narasumber nya yang memang sudah ahli di bidang nya baik narasumber dari Tim Bumdesmart.id dari Kemendes maupun narasumber lain nya.,”ungkap Agus

Lebih lanjut agus menambahkan,”sebenarnya pelatihan nya sudah di laksanakan sejak tanggal 01 September,namun baru yang hari ini Kamis tanggal 3 September saya mengikuti,karena pelatihan lewat Daring sebelum nya Mas Anwar selaku Sekertaris BUMK yang mengikuti nya. Tapi hari ini alhamdulilah 3 pengurus inti di BUMK Dempo Mekar Jaya bisa mengikuti,baik ketua,sekertaris juga bendahara nya. Semoga dengan pelatihan ini kedepan kami bisa mengimplementasikan nya dalam mengelola BUMK/BUMDes khususnya Toko Online yang saat ini sedang kami ikuti pelatihan nya agar kedepan BUMK Kami menjadi lebih baik,”tutup nya kepada media ini.(red)