Pemuda Bulan Bintang Lampung Optimis Menyambut Bulan Suci Ramadan Aman Dari Ancaman Covid-19

Ariansyah Setiawan
Ketua Pemuda Bulan Bintang Lampung

BANDAR LAMPUNG tirasnusantara.com – Sudah menjadi harapan masyarakat dunia agar covid 19 dapat secepatnya musnah dari muka bumi karena semenjak kehadirannya sampai saat ini telah banyak korban meninggal dunia.

Di sisi lain sebentar lagi bulan suci Ramadan akan tiba dimana umat muslim sedunia akan menjalani ibadah puasa Ramadan.

Tentu saja kita sebagai umat muslim mengharapkan agar dapat menjalani ibadah puasa Ramadan dengan khusyu’, tenang, aman, nyaman dan tentram.

Namun kita tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu kedepan, bisa saja wabah covid 19 masih terus berlanjut, wallahu a’lam.

Jadi kita harus siap dengan segala situasi termasuk bila tahun ini harus menjalani ibadah puasa Ramadan dalam ancaman covid 19.

Kita harus mendengarkan nasihat dari para ahli untuk meminimalisir resiko dan agar terhindar dari terinfeksi covid 19. Sampai saat ini covid 19 belum ditemukan anti virusnya.

Di dalam situasi seperti ini sudah selayaknya kita sebagai umat muslim senantiasa berdoa mengharap belas kasihan dari ALLAH SWT agar covid 19 segera musnah, agar kita dilindungi dari covid 19, dan agar kita diberi kecukupan kebutuhan hidup.

Sejatinya sebagai umat muslim kita harus optimis dan gembira menyambut datangnya bulan suci Ramadan, karena ada banyak sekali keutamaan puasa Ramadan, diantaranya :

1. Bulan Penuh Keberkahan, bulan ini juga disebut dengan bulan syahrun mubarak. Sabda Rasulullah SAW “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Agmad, An-Nasa’I dan Al-Baihaqi).

2. Bulan Pengampunan Dosa, sesuai dengan sabda Rasulullah “Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Bulan Diturunkannya Al-Quran, diturunkannya Alquran pada bulan Ramadan ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadan.

Allah SWT berfirman “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

4. Adanya Malam Lailatul Qatar, di bulan Ramadan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadan adalah saat diturunkannya Alquranul Karim.

Dan masih banyak lagi keutamaan puasa Ramadan yang lainnya.

Semoga kita umat muslim sedunia dapat menjalani ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah dengan lancar, Aamiin YRA. (Novel/team)