Pekon Suka Mulya Siaga dan Sigap Cegah Penyebaran Covid-19

PAGAR DEWA tirasnusantara.com – Pemerintahan Pekon (Desa) Suka Mulya,Kecamatan Pagar Dewa,Kabupaten Lampung Barat,Provinsi Lampung telah melaksanakan beberapa Langkah dan tindakan yang sudah di lakukan bersama Tim relawan untuk mencegah meluasnya penyebaran (Covid-19) dikalangan masyarakat.

Sebelumnya Pada Tanggal 07 April 2020 dalam penanganan (Covid-19), Pemerintahan Pekon Suka Mulya telah melaksanakan kegiatan berupa memproduksi 1000 masker terbuat dari kain,bekerja sama dengan Ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluaraga (PKK) Pekon Suka Mulya dan di bagikan kepada masyarakat secara geratis.di samping itu,terus memberikan himbauan untuk tetap mengikuti instruksi dari Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus dan juga mengikuti instruksi himbauan dari Pemerintah.

Kali ini Pemerintah Pekon Suka Mulya telah membuat posko penanggulangan (Covid-19) di perbatasan pintu masuk Pekon.menyediakan tempat cuci tangan,tempat mandi memakai daun sirih menggunakan steam penyemprot,dan untuk kendaraan memakai desinfektan wipol wangi,lengkap.sihingga komplit untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mencegah meluasnya penyebaran virus Corona (Covid-19) di kabupaten Lampung Barat.ditambah Tim relawan (Covid-19),di berikan Vitamin Oleh Kepala Puskesmas setempat,untuk tetap menjaga stamina tubuh agar lebih spirit.

Muhammad Yamin Selaku Peratin (Kepala Desa) Pekon Suka Mulya mengatakan,Untuk mengurangi risiko, pemerintah menganjurkan masyarakat menjaga kebersihan termasuk mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin dan menutup mulut saat bersin atau batuk.sekaligus menginstruksikan kepada semua pihak,untuk saling bergotong royong bersama sama optimis lawan (Covid-19).

“Pemerintah Indonesia memberikan tiga cara untuk mencegah infeksi virus corona (Covid-19).Ketiga cara tersebut antara lain ketahui cara untuk mengurangi risiko,ketahui informasi yang benar, dan ketahui apa yang perlu dilakukan saat sakit”.

“Selain itu,pencegahan Virus Corona bukan merupakan tanggungjawab pihak- pihak tertentu,akan tetapi seluruh komponen masyarakat untuk mencegah penyebarannya.sehingga mudah mudahan kita semua berada dalam keadaan sehat”.

“Alhamdulilah,pembuatan Posko dan Penyedian tempat cuci tangan mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat.kehadiran fasilitas yang sudah dilengkapi sabun dan tissue ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk mencuci tangan khususnya menghadapi wabah (Covid-19)”Terang Yamin Kepada Mitrapol.Rabu (08/04/2020).

Menurutnya,dengan melakukan hal tersebut,diyakini dapat mencegah diri dari terjangkit virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

“Kepedulian terhadap kesehatan masyarakat,adalah yang utama bagi kami.Memang ini menjadi tanggungjawab semua orang, sehingga dalam kegiatan yang kami gelar,ada beberapa komponen yang ikut dilibatkan, seperti camat,Ibu ibu PKK,Ketua karang taruna,babinsa,babinkamtibmas dan tim relawan (Covid-19) Pekon Suka Mulya”ujarnya.

Yamin berharap,Selama menjaga diri dari virus tersebut, diharapkan masyakarat untuk selalu mengikuti informasi dan perkembangan kasus virus Corona.Namun, tetap bedakan informasi yang benar dan salah.Tidak dipungkiri,kemudahan melakukan komunikasi yang didukung dengan perangkat digital justru sering disalahgunakan dengan banyaknya penyebaran informasi yang salah atau Berita Bohong (Hoax).

“Kami berharap,penanganan yang sudah di lakukan dalam menghadapi wabah (Covid-19) dan informasi yang kami sampaikan bisa memberi pemahaman dan bermanfaat bagi masyarakat”Pungkasnya.

Kegiatan tersebut didampingi langsung oleh M.Yones,S.STP,MH.,Sebagai Camat Pagar Dewa,Kepala Puskesmas Kecamatan Pagar Dewa,Babinsa dan Babinkamtibmas serta tim relawan (Covid-19) Pekon Suka Mulya. (Deni/Roso/team)