Pansimas Desa Triharjo Diduga Bermasalah

Lampung Selatan Tirasnusantara.com,- Proyek Program Nasional Penyediaan Air Minum ( Pansimas ) Desa Triharjo Kecamatan Merbau Mataram tahun anggaran 2020 diduga bermasalah.

Hal tersebut diketahui setelah beberapa media patners Forum Pers Independent Indonesia ( FPII ) Lampung memantau langsung kegiatan Pansimas desa Triharjo

Setelah dipertanyakan dengan beberapa pekerja yang sedang mengerjakan Tower Air di SD 1 Triharjo beberapa hari yang lalu di peroleh kererangan bahwa bangunan tersebut adalah proyek Pansimas.

Hal tersebut dibenarkan Yayin selaku bendahara Pansimas. Ketika ditemui di kediaman nya rabu (23-12-2020).

Menurut Yayin, desa Triharjo mendapat bantuan Pandimas berupa pemasangan piva air bersih untuk 60 warga desa Triharo dengan nilai anggaran 180 juta rupiah.

Dijelaskan nya pekerjaan tersebut sudah selesai sebulan yang lalu.

“Iya mas, itu proyek pandimas desa Triharjo, dengan anggaran 180 juta untuk pemasangan piva air bersih untuk 60 warga. Dan kegiatan itu sudah beres lebih kurang sebulan yang lalu” jelas nya.

Sementara Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat ( KKM ) desa Triharjo, Suherman ketika di tanyakan terkait tidak terpasang nya plang pekerjaan Pansimas serta di pertanyakan penggunaan anggaran dirinya enggan berkomentar banyak, dengan alasan dirinya nya selaku ketua KKM tidak dilibatkan secara langsung. Semua kegiatan dilakukan oleh Yayin selaku bendahara

“Seperti nya plang pekerjaan sedang dipesan Bendahara dia semua yg urus, memang pernah ada rapat panitia di awal kegiatan, tapi selanjutnya saya selaku ketua KKM dan Tukiman sebagai sekretaris KKM tidak pernah dilibatkan dan tidak tahu menau, sermua pekerjaan dan keuangan di kelola Yayin selaku bendahara, coba bapak temui Yayin saja ya” jelas Suherman.

Sementara sampai berita ini dimuat pihak pendamping Pansimas serta Dinas terkait belum dapat dimintai keterangan ( redaksi )