Pabrik Minuman Keras Palsu, Digerebek Satnarkoba Polres Cianjur

CIANJUR tirasnusantara.com – Satuan Narkoba Polres Cianjur menggerebek sebuah rumah yang dijadikan pabrik minuman keras palsu di Kompleks Sukamulya Regency, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur Rabu (2/9/2020).

Lima merek minuman keras yang dipalsukan adalah Mansion, Iceland, MC Donald, Vodka, dan Vodka Imperial. Lebih parah lagi minuman keras tersebut dibuat dari bahan oplosan alkohol murni, aroma minuman, pemanis buatan, dan sitrun.

Adapun racikan minuman tersebut dimasukkan ke dalam botol ditempeli stiker dan ditutup botol press mirip merek aslinya. Dari penggerbekan polisi berhasil mengamankan 178 botol minuman keras palsu siap edar.

Kapolres Cianjur AKBP M Rifai, mengatakan rumah yang dijadikan pabrik minuman keras tersebut digerebek karena tak memiliki izin serta membuat minuman keras palsu.

“Berdasarkan informasi yang didapat dari masyarakat atau warga setempat bahwa di tempat tersebut digunakan untuk memproduksi dan membuat minuman beralkohol yang diduga palsu,” ujar Kapolres di lokasi penggerebekan, Kamis (3/9/2020).

Kapolres mengatakan warga merasa resah dengan adanya rumah yang dijadikan pabrik minuman oplosan.

“Satnarkoba Polres Cianjur mendatangi dan melakukan tindakan kepolisian menyita serta mengamankan pemilik barang miras beralkohol berbagai merek berikut alat alat atau sarana yang digunakan untuk memproduksi,” katanya.

Lebih rinci, AKBP M Rifai mengatakan, Polisi mengamankan DS (36) dengan identitas data kependudukan warga Sumatera Utara. Satnarkoba langsung melakukan pemeriksaan terhadap penjual/pemilik minuman.

Sementara untuk daerah penjualan miras palsu didistribusikan ke wilayah Cianjur dan Bandung dengan harga di bawah pasaran.Tersangka diketahui sudah beroperasi membuat miras palsu selama enam bulan.

“Keuntungannya mencapai Rp 9 juta perbulannya,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan, tiga pelaku lagi masih buron, mereka memproduksi miras pada malam hari saat kawasan perumahan sedang sepi.
(Henra. M/Asep. D)