Onimbus Law Bidang Perikanan dan Kelautan. Yogie TW BaraJP : Pemerintah titik Beratkan Sektor Perikanan Rakyat

Bandar Lampunh Tirasnusantara.com,-Ketua DPP BaraJP Bidang Kelautan dan Perikanan Yogie Try wardhana mengatakan
Upaya pemerintah menyederhanakan Perizinan ( sentralistik ) melalui RUU Omnibus Law harus diapresiasi.
Langkah cepat bagi kepastian berusaha memang menjadi tuntutan dunia investasi
Sejauh ini kebijakan negara harus kita apresiasi dengan pemikiran yang positif.

Ada beberapa poin masukan yang nanti perlu menjadi pertimbangan
Dengan dibukanya kran investasi disektor penangkapan Ikan diperairan indonesia melalui skema Penanaman Modal Asing adalah salah satu bentuk cipta lapangan kerja yang hakekatnya berbasis warga negara Indonesia.
Pemerintah patut memperhatikan kemampuan daya saing pengusaha Lokal, nelayan lokal, sehingga kita mampu menjadi tuan rumah dinegeri sendiri.

“Kita bukan pesimis, nelayan kita mungkin ahli dalam mengembangkan layar dan menghadapi badai
Hanya kita harus menyadari alat tangkap nelayan kita belum banyak yang berbasis teknologi, jika nanti akan bersaing dalam berlomba mencari nafkah dilautan.”

Dalam onimbus law RUU Perikanan dan Kelautan kita menyambut baik adanya upaya penguatan bagi nelayan local, masyarakat hukum adat dan masyarakat kawasan pesisir, bahkan adanya upaya pemberian insentif bagi nelayan.

Sebagai tambahan saran,
“Sarana prasarana pelabuhan dermaga perikanan juga perlu diperbaiki dengan berbagai fasilitas pendukung, ruang penyimpanan Ikan, kepastian suplai bahan bakar bagi nelayan dsb”

Ya, kita berharap dimasa uji publik ini banyak masukan – masukan yang bersifat membangun, sehingga nantinya UU ini dan turunannya benar bermanfaat untuk sebesar – besarnya kemakmuran rakyat. ( red )