Oknum Mitra KPH Diduga Lakukan Pungli Di Pesibar

PESISIR BARAT tirasnusantara.com – Oknum mitra KPH diduga kuat telah melakukan pungli terhadap petani dan pengusaha kayu di Pesisir Barat.

Demikian ungkap Agus selaku pengusaha kayu kepada team tirasnusantara.com (22/2), Agus bercerita bahwa anak buahnya mengatakan jika kayu ditahan dan di poto-poto oleh oknum mitra KPH, kemudian anak buah tersebut bilang oknum mitra KPH minta uang damai.

“Ceritanya anak buah saya menyampaikan jika kayu yang mau dianter kepada saya ditahan dan di poto-poto oleh oknum mitra KPH, kemudian anak buah saya  tersebut bilang kalau oknum mitra KPH minta uang damai.

Jadi untuk cari amannya anak buah saya memberikan uang sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah), dan yang punya kayu juga ikut ngasih uang sebesar Rp. 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah). “Jelasnya.

Pungli tersebut diduga kuat dilakukan oleh oknum mitra KPH berinisial  “SS”, kejadiannya tepat di Pemangku Sangsadu Pekon Suka Maju Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung.

Korbannya adalah Sugisok selaku petani kayu dan Rudi sebagai anak buah saya yang membeli kayu itu mas, “Tutupnya.

Dikonfirmasi Sugisok petani kayu yang didamping Rudi selaku pembeli  menjelaskan, bahwa “SS” tidak pernah kalau meminta uang kepada kami, cuma waktu itu “SS” sempat datang menanyakan asal kayu yang akan kami muat dan mengambil gambar sembari mengatakan kami mau dilaporkan ke pimpinan.

“Jujur mas tidak pernah kalau ada yang meminta uang kepada kami, cuma waktu itu ada “SS” sempat datang menanyakan asal muasal kayu yang akan kami muat, dan dia sempat mengambil gambar sembari mengatakan bahwa kami mau dilaporkan ke pimpinannya.

Ditempat terpisah “SS” menjelaskan bahwa permasalahan awal saya kaget melihat ada yang muat kayu sengon dan dengan sepontan saya tanyakan siapa pemilik atas kayu tersebut dan saya ambil poto untuk saya jadikan dokumentasi bahan laporan saya ke pimpinan karena saya kebetulan mitra dari KPH, hanya itu saja tidak lebih, “Paparnya. (Roso/Mus/team)