Novellia Yulistin; Pak Jokowi Harus Cerdas Dalam Solusi Sandang Pangan dan Papan

Novellia Yulistin
Ketua LasPRi Lampung

BANDAR LAMPUNG tirasnusantara.com – Dampak virus Corona yang dialami hampir seluruh dunia ini telah membuat keadaan masyarakat menjadi buruk.

Menurut Novellia Yulistin selaku Ketua LasPRi Lampung, persoalan yang sedang dihadapi masyarakat saat ini bukan hanya sekedar dampak kesehatan yang dengan cepat virus Covid19 ini menular kemasyarakat.

Tetapi interaksi sosial akibat dari teror wabah ini menimbulkan kecurigaan yang sangat besar antar manusia hidup, bahkan yang sudah menjadi jenazah saja masyarakat tidak berempati.

Orang yang tergeletak tiba-tiba enggan ditolong, orang meninggal ditolak warga dikuburkan di wilayah nya, bahkan proses penguburan saja masyarakat menjadi amat ketakutan hingga melemparkan petugas dengan batu-batu.

Dan yang paling besar adalah dampak ekonomi, kebijakan social distancing yang dianggap bahwa melakukan aktivitas dari rumah, tidak keluar rumah, belum lagi tampilan-tampilan di media sosial teror ketakutan-ketakutan jika terdampak Covid19, dilarangnya berdagang diberapa wilayah.

Bukan hanya memutus tali rantai penyebaran virus, melainkan memutus tali rantai kebutuhan pokok masyarakat.

Artinya dalam hal ini peran pemerintah RI yang dipimpin oleh Pak Jokowi harus hadir dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat baik sandang, pangan maupun papan dengan kreativitas yang cerdas dan berakal sehat bukan dengan harapan-harapan palsu terhadap masyarakat.

Selain pangan yang dibutuhkan ada kebutuhan masyarakat yang mau tidak mau harus mereka hadapi.

Listrik, air, BPJS, tagihan cicilan, baik bank atau lembaga-lembaga pinjaman lainnya, itu harus disiapkan solusi kebijakan yang tepat.

Jangan permainkan masyarakat dengan berbicara harapan, lalu tak lama diklarifikasi. Ini akan menambah beban masyarakat.

Dampak Covid19 ini bukan hanya pada masyarakat yang sudah terindentifikasi positif saja, bahkan yang sehat pun hampir mati karena wabah ini, “Tutupnya. (Amie/team).