Najwa Shihab : Wartawan Harus Independen, Bukan Netral.

Jakarta tirasnusantara.com,- Wartawan senior dan pendiri Narasi TV, Najwa Shihab menyebutkan, seorang jurnalis tidak seharusnya bersikap netral. Hal ini disampaikan Najwa saat menjadi pembicara di Indonesia Writer Festival (IWF) 2019, Jumat (6/9), di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong, Tangerang, Banten.

“Harus dibedakan netral dan independen,” kata Najwa.

“Jadi kalau yang bilang jurnalis harus netral itu dari segi teorinya aja gak ada. Jurnalis itu harus objektif dan independen,” sambung Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis.

Najwa menjelaskan, netral berarti tidak berpihak ke mana pun dan pada siapa pun. Sedangkan independen berarti tidak ada kepentingan apa pun selain pada publik dan kebenaran.

“Justru jangan netral,” kata Najwa. “Jangan tidak berpihak ke siapa-siapa,” tambah dia.

Sementara Uni Lubis mengatakan, kerja jurnalisme berdasarkan fakta dan verifikasi. Dua hal inilah yang membedakan berita jurnalisme dengan propaganda.

Lanjutkan membaca artikel di bawah
Editor’s picks
Keterwakilan Perempuan di Parlemen Terus Naik, Ini Respons KemenPPPA
WNA Korban Kecelakaan Tol Cipularang Masih dalam Perawatan
Jadi “Pasien” KPK, Bupati Muaraenim Terancam Pidana Bui 20 Tahun
“Tapi bukan berarti kalau kita menunjukkan keberpihakan bukan berarti kita menjadi tidak independen,” kata Najwa.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times (amin )

Sumber : IDN Times.