Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim Mengingatkan Kebebasan Kepala Sekolah Menggunakan Dana Bantuan Operasional Sekolah Harus Diikuti Dengan Akuntabilitas

 


METRO tirasnusantara.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim mengingatkan kebebasan kepala sekolah menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah Harus Diikuti Dengan Akuntabilitas.

Selain itu, BOS harus mencapai sasaran sesuai dengan prinsip serta ketentuan yang berlaku

“Kebebasan atau kemerdekaan kepala sekolah dalam menggunakan dana BOS di masa pandemi Covid-19 ini harus benar-benar tepat, jangan sampai malah dimanfaatkan yang tidak benar,”

Menurut dia, Kemendikbud telah melepas 100 persen dana BOS tersebut agar bisa digunakan kepala sekolah secara fleksibel. Misalnya, untuk biaya penerapan protokol kesehatan, pelaksanaan pembukaan pembelajaran tata muka kembali, untuk pembelian kuota data serta perlengkapan internet bukan hanya untuk guru-gurunya saja tetapi juga boleh untuk pelajarnya.

Sedangkan salah satu sekolah menengah atas yaitu SMAN 3 Metro telah mencairkan dana bantuan operasional sekolah (Bos) dan menggunakannya untuk kegiatan pembelajaran yang normal sedangkan pada saat pandemic seperti ini siswa di haruskan belajar secara daring namun dana tersebut sudah di cucurkan ke aitem-aitem yang di mana kegiatan belajar tatap muka..

Contohnya ada salah satu aitem yaitu kegunaan untuk kegiatan exskul yang di anggarkan menggunakan dana bos namun di alih pungsikan ke yang lain ujar Paulima selaku humas di SMAN 3 Metro saat di konfirmasi .

Ketentuan ini merupakan diskresi dan benar-benar kemerdekaan untuk kepala sekolah dalam penggunaan dana BOS itu. Menurut dia, seluruh pengelolaan BOS tersebut diserahkan kepada kepala sekolah untuk bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan sekolahnya.

Tidak cuma itu saja SMAN 3 Metro juga sampai saat ini belum melaporkan Penggunaan dana bos di mana yang di maksud setiap sekolah di haruskan melaporkan penggunaan dana bos ke web dapodik yang dapat kita lihat dan pantau di web tersebut.

Dan sangat di sayangkan di saat awak media untuk berkordinasi dengan kepala sekolah namun kepala sekolah tidak dapat di temui dengan alasa tidak datang ujar Faisal. (Eka)