MDMC dan KOKAM Bantu Proses Pemulihan Lokasi Banjir dan Longsor di Semaka

SEMAKA tirasnusantara.com – MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) bersama Komando Kesiapsiagaan Muhammadiyah (KOKAM) dan Pemuda Muhammadiyah Tanggamus kemarin membantu proses pemulihan lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Semaka, Jum’at (10/01).

Dalam rombongan tersebut dipimpin oleh Ketua MDMC Tanggamus Arif Rahman, Ketua Pemuda Muhammadiyah Bambang Mugiono dan Ketua Kokam dan SAR Hasby.

Tim SAR Kokam dan MDMC pagi itu langsung menuju beberapa titik rumah warga yang terkena dampak bencana serta satu unit masjid di Pekon Way Kerap Semaka.

Arif mengatakan bantuan tenaga tersebut merupakan salah satu tugas MDMC dan Gerakan Pemuda Muhammadiyah dalam hal kebencanaan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak banjir dan tanah longsor di Semaka.

“Kami dari MDMC, Pemuda Muhammadiyah dan KOKAM, berupaya sebisa mungkin meringankan beban warga yang terkena musibah, yang berpedoman dari perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW, yang diperintahkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan,”kata Arif yang juga di amini ketua Pemuda Muhammadiyah Bambang Mugiono.

Perlu diketahui bahwa tersiar kabar di beberapa media sosial baik foto dan vidio telah terjadi bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Semaka Kabupaten Tanggamus pada Rabu 9 Januari 2020 sekitar Pukul 17.30 WIB. Setelah dicek kebenarannya, benar bahwa telah terjadi banjir dan tanah longsor di daerah pekon Sedayu Pardawaras, WayKerap dan beberapa pekon lainnya.

Jajaran Forkopimda malam itu juga langsung mengecek lokasi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, didampingi Kapolres, Dandim 0424 Tanggamus, Kalapas Way Gelang serta unsur pimpinan Kecamatan Semaka sekaligus memberikan arahan kepada tim bencana dan berikan bantuan pada masyarakat. (MN/Ratu)