Masyarakat Desa Candimas Merasakan Manfaat Program PTSL Tahun 2020

Lampung Selatan Tirasnusantara.com,- Program pemerintah pusat yang menyentuh dan sangat membantu masyarakat salah satu adalah program sertifikat Pengukuran Tanah Sistimatis Lengkap ( PTSL ).

Hal ini juga diakui oleh beberapa masyarakat Desa Candimas Kecamatan Natar yang berhasil di jumpai media ini saptu (09-05-2020).

Mereka mengucapkan terima kasih Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintahan Desa Candimas karna tahun 2020 sebagian dari mereka dapat memiliki sertifikat tanah melalui program PTSL.

Menurut mereka dengan telah memiliki sertifikat sebagai bukti kepemilikan tanah, tanah dan rumah mereka memiliki kedudukan yang jelas dan tanah bangunan mempunyai nilai yang lebih tinggi.

Selain itu dengan terbitnya sertifikat sebagian masyarakat khususnya yang kekurangan modal untuk mengembangkan usahanya dapat mengagunkan sertifikat nya ke Bank guna menambah modal usaha.

Suwardi selaku ketua Pokmas Desa Candimas kepada media ini (09-05-2020) tahun ini Desa Candimas mendapat alokasi untuk 600 buku.

Terkait isu biaya yang di nilai sebagian orang sangat tinggi, dibantah oleh Suwardi.
Menurutnya panitia sudah mengikuti aturan sesuai ketentuan, adapun biaya tambahan ketentuan merupakan hasil kesepakatan warga pada saat musyawarah diawal sebelum pelaksanaan kegiatan. Biaya tambahan tersebut tidak berlaku untuk keseluruhan warga pembuat sertifikat melainkan hanya berlaku untuk warga yang belum melengkapi persyaratan dan kelengkapan seperti administrasi kependudukan misal nya KTP dan KK, surat Jual beli dan sporadik.

Terkait biaya yang disepakati tersebut belum semuanya terealisasi, ada sebagian warga yang dua ratus sampai empat ratus ribu bahkan sebagian masih belum membayar sama sekali.

“InsyaAllah kita sudah mengikuti ketentuan pemerintah mas, kalau ada sebagian warga yang mengeluarkan biaya lebih itu semata – mata untuk biaya kelengkapan persyaratan tanah nya karna memang sebelumnya memang belum lengkap. ( Red )