M. Ridwan S.H : Pelatihan Paralegal Merupakan Upaya LKBH-SPSI Lampung Untuk Mendukung Program Pemerintah

Lampung Tirasnusantara.com,- Sabtu 23 Oktober 2021, LKBH-SPSI Lampung mengadakan pelatihan Paralegal, pelatihan tersebut di hadiri langsung oleh M. RIDWAN, S.H. selaku Direktur LKBH-SPSI Lampung, SAMSABASTIAN selaku Kepala bidang Paralegal, M. IMRON SUHADA, S.H.,M.H. selaku Sekertaris LKBH-SPSI Lampung, dan AHMAD JULIAN,S.H. selaku Direktur LKBH periode 2018-2020 sekaligus pemateri dalam pelatihan tersebut.

Direktur LKBH-SPSI Lampung M. RIDWAN,S.H. menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta, “Kegiatan ini cukup strategis karena nanti Insya Allah dapat saling memberi manfaat baik untuk diri sendiri, keluarga maupun masyarakat luas dan kami berharap mudah-mudahan dengan di adakannya Pelatihan Paralegal ini dapat menghasilkan paralegal yang siap terjun ke lapangan karena materi yang diberikan bukan hanya materi pengetahuan saja tetapi para peserta juga akan diminta aktif melakukan simulasi bagaimana mendampingi klien, bagaimana merumuskan dokumen hukum yang dapat bermanfaat di lapangan.

“Namanya paralegal tidak terbatas sarjana hukum saja, tetapi siapapun yang memiliki pengetahuan bisa menjadi paralegal dan bisa mendampingi masyarakat yang terkena masalah hukum nantinya”

lebih lanjut, M. Ridwan S.H. menyampaikan bahwa pelatihan paralegal ini merupakan upaya LKBH-SPSI Lampung untuk mendukung Program Pemerintah khususnya Kementerian Hukum dan HAM dalam melindungi dan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, sesuai amanah UU no. 16 tahun 2011 karena kehadiran Paralegal sangat penting bagi masyarakat sekitar terutama dalam melakukan pendampingan bagi para korban yang bersifat litigasi maupun non litigasi.

Dalam praktik pembelaan maupun pendampingan yang dilakukan oleh Organisasi bantuan hukum terdapat beberapa kendala salah satunya adalah sumber daya manusia, karena itu melalui pelatihan ini ia berharap dapat menumbuhkan banyak paralegal antar lintas Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang ada di Lampung sehingga dapat bersinergi bersama mengatasi permasalahan hukum yang dihadapi masyarakat.

Lanjut disampaikan, bahwa dalam mewujudkan akses bantuan hukum serta peningkatan kesadaran hukum masyarakat khususnya di Provinsi Lampung, maka LKBH-SPSI Lampung merasa perlu dilakukan langkah nyata berupa penyediaan sumber daya pemberi bantuan hukum salah satunya dengan melakukan pelatihan paralegal.

“kami sebagai Organisasi Bantuan Hukum siap memberikan Pelayanan dan bantuan hukum seluas-luasnya, khususnya masyarakat yang kurang mampu untuk mencari keadilan dan kesetaraan dimuka hukum” tutupnya (red/realise)