KTKBM Akan Bangun Seribu Rumah Untuk Kesejahtraan Anggotanya

BANDAR LAMPUNG tirasnusantara.com – Untuk meningkatkan kesejahteraan dan memperbaiki taraf hidup anggotanya, Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (KTKBM) pelabuhan Panjang akan membangun perumahan untuk seluruh anggota Koperasi.

Untuk percepatan pembangunan perumahan itu rencananya Koperasi TKBM akan menggandeng pihak Bank Lampung.

Lewat perumahan, Koperasi TKBM Panjang memberian Manfaat Layanan Tambahan (MLT) berupa Fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah Karyawan (FKKRK) kepada anggotanya. Selain itu, bertujuan untuk meringankan beban buruh dalam hal pembiayaan kredit perumahan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Bank Lampung, dan Alhamdulillah mereka mendukung program kita,” ungkap Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, Agus Sujatma, kamis (14/05).

Sambung Agus, dengan dibangunya perumahan itu nantinya, anggota diberi kesempatan memiliki rumah dengan cara menyicil. Rencananya Koperasi TKBM Panjang akan membangun 1000 unit rumah untuk seluruh anggotanya, “Kita targetkan setiap tahunya dibangun 150 rumah, sehingga dalam kurun waktu enam tahun perumahan bisa dirampungkan,” jelasnya.

Masih kata Agus, dirinya tetap melanjutkan program pengurus lama. Hanya saja polanya yang dirubah. “Jadi nanti mekanisme pembayaran dilakukan oleh koperasi langsung melalui HIK, agar tidak membebani anggota,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan, Koperasi TKBM sudah menjajaki pihak pengembang Duta Hidup Lestari (DHL), pihak pengembang siap membangun 200 unit rumah per tahun, “Rencanya Perumahan akan di bangun di Desa Talang Uluh, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan,” beber Agus.

Masih kata Agus, jumlah anggota koperasi TKBM yang terdaftar saat ini sebanyak 1.221 orang. Sementara saat ini koperasi hanya mampu membangun sekitar 3 unit rumah setiap bulanya, Menurutnya, hal tersebut lamban dalam memberi kesempatan anggota memiliki rumah.

“Dengan menggandeng Bank Lampung, tiap tahunya bisa dibangun sekitar 150 sampai 200 unit rumah, dan dalam 5 tahun saya targetkan akan terbangun sedikitnya 1.000 unit perumahan, dengan begitu selama masa kepengurusan saya akan mampu menyediakan perumahan untuk seluruh anggota koperasi,” katanya mengakhiri.(Amie/Riyan/team)