KPU Pringsewu Adakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula

PRINGSEWU tirasnusantara.com – Ketua Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pringsewu selenggarakan program Sosialisasi Pemilih Pemula kepada Mahasiswa, Acara yang diselenggarakan di Hotel Regency Pringsewu, Kamis, 19/11/ 2020.

KPU Pringsewu dalam hal ini mengundang mahasiswa dari Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kabupaten Pringsewu Sebanyak 17 Orang.

Ketua KPU Kabupaten Pringsewu, Sofyan Akbar di sela-sela acara dengan adanya pembatasan jumlah peserta (penerapan protokol kesehatan) diharapkan tidak memunculkan cluster bari Covid-19 yang ada di Pringsewu”, kata Sofyan.

“Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula/Muda adalah kegiatan upaya untuk meningkatkan partisipasi kualitas pemilu nantinya yang ada di Kabupaten Pringsewu. Dengan jumlah pemilu tahun 2009 sebanyak 83% secara kuantitas, namun secara kualitas belum tentu. Maka dari itu kedepan di harapkan, mahasiswa ini sebagai ‘agent of change’ yang mengajak untuk memilih bukan karena sebuah ajakan, tapi harus melihat track record dari calon yang akan dipilih”, lanjut Sofyan Akbar.

Tugas untuk tercipta nya negara yang berdaulat, itu bukan tanggung jawab perorangan, namun juga menjadi tanggung jawab semua, termasuk mahasiswa. Mahasiswa diharapkan nantinya dapat menjadi influencer yang menjadi perpanjangan/jembatan dari KPU yang akan menyebarkan pendidikan politik atau pendidikan pemilih kepada masyarakat luas.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang merupakan bagian dari gerakan mahasiswa, juga diharapkan menjadi penggerak pemahaman dan pengembangan dalam pelaksanaan pemilu. (Wagiman /Irma Ulfa Lailina)