Komite SD 2Jati Indah Membantah Rumor Lakukan Pungli

Lampung Selatan  Tirasnusantara.com,- Komite SD 2 Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang Sugiman memberikan tanggapan terkait ada rumor dirinya bertahan ingin jadi komite.

Hal tersebut disampaikan Sukiman kepada beberapa media kamis ( 19-11-2020 ).

Menurut nya rumor itu tidak benar. Sudah berapa kali rapat komite dirinya sudah menyerahkan jabatan komite kepada wali murid yang menghadiri rapat komite, tetapi wali murid tidak ada yang mau menjabat komite dan meminta dirinnya supaya tetap jadi komite.

“Saya sudah berulang kali menyampaikan kepada wali murid ketika ada rapat komite supaya dilakukan regenerasi dan penggantian kepengurusan komite, selain karna saya sudah lama jadi komite saya juga banyak kesibukan lain termasuk mengurus pemerintahan desa, sudah ga kepegang lagi mas. Tapi wali murid tidak ada yang mau jadi komite” jelas Segiman.

“Hari ini pun kalau ada yang menjadi komite saya persilakan mas, karna jadi komite itu hanya merupakan tanggung jawab moral untuk membantu pihak sekolah dalam mendukung kegiatan belajar mengajar Siswa supaya mereka lebih baik, lebih berprestasi karna siswa-siswi itu merupakan sumberdaya manusia dimasa yang akan datang. Komite hanya pengabdian tidak ada honor maupun tunjangan” tambah Sugiman sambil tersenyum.

“Sebenarnya peran serta wali murid mendukung kegiatan sekolah sangat dibutuhkan, karna pembangunan pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat, pemerintah daerah namun harus ada peran serta wali murid dan masyarakat” tegas Sugiman

Terkait isu ada pungutan juga dibantah oleh Sugiman. Menurut nya yang dilakukan oleh komite dan wali murid berniat mendukung pihak sekolah agar memiliki ruang UKS sudah dilakukan dengan proses yang benar dengan dilakukan rapat komite pada awal bulan Januari 2020 , wali murid sepakat membantu pihak komite dengan menyumbang susuai kemampuan antara 100 sampai 150 ribu dalan satu tahun dan sipat nya tidak mengikat sesuai kemampuan, namun baru berjalan dua bulan ( januari dan pebruari 2020 ) sudah di hentikan karna pandemi covid 19 dan karna ada himbauan pemerintah daerah agar menghentikan semua aktifitas sumbangan dan sejenis nya selama masa pandemi covid.

Sementara Sri Purwanti S.Pd selaku kepala sekolah mengetahui bahwa komite sekolah mengadakan rapat komite pada bulan januari 2020,namun dirinya tidak pernah menginterpensi rapat dan hadil rapat komite. Menurut nya semua merupakan kebijakan dan hasil musyawarah pengurus komite dengan wali murid.

“Saya itu baru di sekalah ini mas, saya masuk disini pada akhir tahun 2018, tahun 2019 baru penyesuaian tidak ada kegiatan komite. Baru awal tahun saya lihat komite ada kegiatan rapat dengan wali murid untuk membahas bagai mana cara agar SD 2 Jati Indah dapat memiliki ruang UKS dengan melibatkan peranserta wali murid, namun baru berjalan dua bulan di hentikan karna pandemi Covid 19 dan karna ada hinbauan dari Pemerintah daerah Lampung Selatan. (Redaksi)