Ketua PWI Pesibar, Arogansi Plt Kasat Pol PP Melanggar UU Pers

PESISIR BARAT tirasnusantara.com – Sikap arogansi Plt. Kasatpol-PP dan Damkar Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), AKBP. Syaikhul Anwar, yang melarang wartawan untuk masuk ke dalam ruangan paripurna, mendapat kecaman dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pesibar, Agustiawan.

Menurut Agustiawan, melakukan peliputan merupakan menjadi tugas utama seorang jurnalis. “Jadi kalau Plt. Kasat itu melarang wartawan untuk masuk ke ruangan paripurna, berarti dia menghalangi tugas wartawan,” tegas Agus.

Agus mengatakan, kegiatan paripurna tersebut mutlak merupakan kegiatan Sekretariat DPRD Pesibar. “Kenapa jadi dia (Syaikhul Anwar-red), yang sok sibuk menghalangi wartawan melaksanakan tugasnya dengan baik. Sedangkan protokol Sekretariat Pemkab Pesibar saja tidak ada kewenangan. Kan aneh?,” lanjutnya.

“Masih banyak tugas lain Plt. Kasat itu dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) yang belum becus, ketimbang bersikap sok arogan itu,” pungkasnya.

Karenanya, Agustiawan sangat mengecam tindakan Plt. Kasatpol-PP dan Damkar tersebut, dan menuntut untuk segera meminta maaf secara resmi. “Wartawan itu dilindungi Undang-Undang, menghalangi wartawan berarti melanggar undang – undang, jadi tidak boleh bersikap semena-mena. Saya minta segera minta maaf dengan resmi,” tukas Agus. (NOV/BE)