Kehadiran P2KTD Dibutuhkan Untuk Memperkuat Kapasitas Teknis Pemerintah Desa

KELUMBAIAN tirasnusantara.com – Team Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Minggu, (30/12/2019).

Kadek Sukresene Kepala Pekon Kiluan Negeri mengatakan Keberadaan Tim Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) sebagai desa binaan di Pekon Kiluan Negeri agar desa kami mendapatkan jasa layanan teknis secara lebih berkualitas dari lembaga profesional, Ucapnya.

Kehadiran tim P2KTD dibutuhkan untuk memperkuat kapasitas teknis pemerintah desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” Kata Kadek Sukresene.

“Agar terwujud kemandirian desa, P2KTD ini diharapkan mampu mempersiapkan kader desa. Bisa transfer ilmu dan pengalaman, sehingga  muncul kader yang mumpuni,” tandasnya.

Wagiman selaku narasumber dalam Sosialisasi P2TKD Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu menekankan, P2KTD untuk melengkapi  kebutuhan pendampingan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan desa. Kehadirannya bukan lembaga baru yang menggantikan peran tenaga pendamping desa yang sudah ada.

“Tim P2KTD ini terdiri profesional dalam bidangnya. Apabila pihak desa tidak memiliki tenaga ahli spesifik, bisa memanfaatkan jasa P2KTD,” Ujarnya.

P2KTD dibutuhkan untuk memperkuat kapasitas teknis pemerintahan desa dan mempersiapkan kader desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Setelah pendamping dari tim P2KTD ini, diharapkan muncul kader desa yang dapat mengaplikasikan untuk pengembangan desa. (Wagiman)