Jelang Pelaksanan Pilkada Tahun 2020, Kapolsek Singingi Hilir Lakukan Pembentukan Pos Kamling di Desa Petai

Kuantan Singingi, tirasnusantara.com – Menjelang Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kuansing yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020, Kapolsek Singingi Hilir, AKP. H. Bambang Hariyanto, S.H, M.H, berserta Personel Polsek dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa Desa Petai melakukan pengecekan Pembentukan Pos Kamling Desa Petai, Kec. Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Kapolres Kuansing, AKBP. Hengky Poerwanto, S.I.K ., M.M, menjelaskan, bahwa telah memerintahkan kepada para Kapolsek Jajaran Polres Kuansing untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling yang ada. Sebagaimana saat ini yang telah dilaksanakan oleh Kapolsek Singingi Hilir, AKP. H. Bambang Hariyanto S.H, M.H,” terangnya.

 

Kemudian bersamaan dengan hal tersebut, Kapolsek Singingi Hilir juga menjelaskan, akan mengaktifkan kembali seluruh Pos Kamling yang berada di wilayah hukum Kecamatan Singingi Hilir secara umum dan di Desa Petai secara khususnya. Karena keberadaan Pos Kamling sangat di perlukan setiap Desa dan Rukun Warga ( RW ), sebagai salah satu kegiatan untuk menjaga keamana dan keteriban lingkungan.

 

Karena Pos Kamling merupakan perpanjangan tangan dari tugas Kepolisian untuk lingkup Desa, serta sebagai wadah kegiatan Perpolisian Kemasyarakatan ( POLMAS ). Dimana Kegiatan PosKamling disamping dapat menjaga Keamanan lingkungan juga dapat sebagai sarana Pemecahan masalah ( Problem Solving), dengan mengedepankan unsure 3 pilar, yaitu Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Sehingga setiap perkara yang ringan dapat di selesaikan ditempat tersebut,” jelas Kapolsek Singingi Hilir.

 

Lebih lanjut ditambahkan Kapolsek Singingi Hilir, dengan adanya semangat dari warga Desa Petai untuk mendukung terbentuknya Pos Kamling tersebut adalah merupakan suatu bentuk Kesadaran masyarakat akan terciptanya keamanan lingkungam di desa tersebut sudah tinggi. Sehingga hal tersebut juga akan memudahkan dan meringankan tugas kami sebagai anggota Polri, agar kita secara bersama – sama dapat ciptakan keamanan dengan semangat kebersamaan,” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Singingi Hilir juga memberikan petunjuk dan arahan kepada masyarakat atau petugas Pos Kamling tersebut tentang pengaturan Regu dan tata cara pelaksanaan patroli lingkungan pada jam jam rawan dan sistem pelaporan jika ditemukan peristiwa Tindak Pidana.

 

Sementara itu, bersamaan dengan hal tersebut, Kapolsek Singingi Hilir juga memberikan bantuan perlengkapan Pos Kamling. Diantaranya Tongkat T, Senter, Borgol dan Jas Hujan yang diterima oleh Bhabinkamtibmas Desa Petai, Bripka. Kustiansyah Putra.

 

Terakhir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Singingi Hilir kembali berpesan kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Petai, agar selalu mendukung dan bahu – membahu untuk terlaksananya kegiatan PosKamling ini. Guna terciptanya keamanan lingkungan warga Desa Petai itu sendiri,” ucapnya.

 

Selanjutnya dalam kesempatan itu juga, Kepala Desa Petai, Asril mengatakan, kami sangat berterima kasih kepada Polres Kuansing. Dalam hal ini Polsek Singingi Hilir bersama – sama dengan Kepala Desa Sukamaju, Bhabinkamtibmas Desa Petai dan Babinsa Desa yang telah membantu mengaktiflkan kembali Pos Kamling Desa Petai. guna terwujudnya keamanan desa kami, dan tentunya ini sangat membanggakan buat kami,” tuturnya. ( Rilis / Zul).