Kapolri dan Panglima TNI Launching Aplikasi Dashbord Lancang Kuning Nusantara di Riau

PEKANBARU tirasnusantara.com – Belum genap sebulan kedatangan dua Jenderal Indonesia Kapolri Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Bumi Lancang Kuning dalam rangka Rapat Koordinasi terkait Penanganan Karhutla, Febuari 2020 lalu, kini, dua Jenderal ini kembali datang untuk kedua kalinya.

Kedatangan mereka kali ini dalam rangka Launching Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara yang dilaksanakan di Gedung Serindit kediaman Gubernur Riau.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto kepada Media, Minggu (8/3/2020) malam mengatakan dua Jenderal ini datang untuk melaunching Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara.

Menurut Sunarto, Aplikasi Dasboard Lancang Kuning semula digunakan sebagai aplikasi untuk menangani Karhutla di wilayah Riau. Akhirnya dikukuhkan sebagai apliklasi Nusantara untuk penanganan Karhutla di seluruh Indonesia.

“Rencana penggunaan aplikasi Dasboard Lancang Kuning Nusantara ini secara resmi akan dilaunching oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Aziz. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol bersama, sebagai tanda digunakannya aplikasi ini secara Nasional,” terang Sunarto.

Mulai Senin besok, kata Sunarto, pengguna aplikasi ini tidak lagi hanya di Provinsi Riau. Namun aplikasi ini sudah digunakan juga oleh sebelas Polda lainnya sesuai perintah Kapolri saat kunjungan sebelumnya.

“Polda Aceh, Polda Sumut, Polda Sumbar, Polda Jambi, Polda Sumsel, Polda Kaltim, Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Kalbar, Polda Kaltara, dan Polda Babel,” sambung Sunarto.

Sebelum itu, 11 Polda ini telah mengirimkan personelnya ke Polda Riau untuk dilatih agar mampu menerapkan aplikasi Dasboard Lancang Kuning ini di Polda masing masing. Dalam acara besok juga, kata Sunarto direncanakan Kapolri dan Panglima TNI akan berkomunikasi langsung dengan personel yang sedang bertugas memadamkan api di lapangan.

“Kita berharap, dengan aplikasi Dasboard Lancang Kuning Nusantara ini maka masalah Karhutla yang setiap tahun melanda beberapa provinsi di Indonesia dapat ditekan semaksimal mungkin,” imbuh Sunarto.

Dua Jenderal ini, dikabarkan mendarat di Pekanbaru melalui Bandara VVIP Lanud Roesmin Nurjadin, sore tadi. Rencananya, kata Sunarto jadual dua jenderal ini akan dilaksanakan di Gedung Serindit Jalan Diponegoro.

“Tadi sore mendaratnya. Besok baru digelarnya acara Launching Dashboard Lancang Kuning Nusantara. Cuma itu saja. Siangnya kembali terbang ke Jakarta,” terang Sunarto.

Dalam kegiatan besok itu, akan dilakukan pada Senin (9/3/2020) sekitar pukul 07.30 WIB. Untuk kegiatan peliputannya sendiri akan dilakukan oleh tim media dari Mabes TNI dan Mabes Polri. Sementara perwakilan media daerah akan menyesuaikan. (Dena/team)