Kadis PMD Kabupaten Kampar Ingatkan Kepala Desa Ganting Salo Selaku Aparatur Harus Pahami Regulasi

Kampar, tirasnusantara.com – Terkait pemberitaan “Diduga Kepala Desa Ganting Salo Tidak Hiraukan Surat penegasan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar, dengan nomor 140/DPMD/Pemdes-78, yang telah viral di sejumlah media massa, akhirnya mendapatrespon dan tanggapan keras dari berbagai pihak.

 

Seperti halnya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar, Febrinaldi Tri Darmawan, ketika dikonfirmasi oleh awak media melalui telepon selulernya mengatakan, persoalan ini sudah kita lakukan analisa pertama. Kajian berdasarkan regulasi atas berperan, kemudian hasil ini sudah kita sampaikan kepada Kepala Desa Ganting dan juga sudah kita sampaikan kepada Camat Salo selaku pembina.

 

Artinya, apa yang dilakukan Kepala Desa Ganting sudah kita berikan penegasan, bahwa yang dilakukan itu tidak sesuai dengan regulasi. Mesti yang dilakukan sesuai dengan regulasi, itu sudah kita jelaskan secara detail dalam surat,’ ungkap Kadis PMD Kabupaten Kampar. Senin malam, ( 22/06/20).

Dijelaskan Febrinaldi, intinya Kepala Desa Ganting mengindahkan ataupun mengikuti arahan dari Pemerintahan daerah. Karena itu sudah dilakukan pembukuan sesuai dengan regulasi, Camat sebagai pembina juga sudah kita sampaikan untuk melakukan monitoring atau tindaklanjut.

 

“Saya kira sudah ditindaklanjuti, ternyata memang sejak surat dikeluarkan belum ditindaklanjuti oleh Kepala Desa Ganting. Kemarin sudah saya sampaikan juga kepada Camat Salo, kemudian Camat sudah juga memanggil Kepala Desa pada hari Jum’at kemarin.

 

Kemudian Kepala Desa Ganting dihadapan Camat Salo menyampaikan akan menindaklanjuti arahan dari Dinas PMD tersebut sesuai dengan regulasi. Camat kemarin menyampaikan, tunggu pak Kadis tindaklanjut sebagaimana yang disampaikan buk Kades hari jum’at kemarin,” Kata Kadis PMD menirukan ucapan Camat Salo kepadanya.

Selanjutnya Kadis PMD Kabupaten Kampar menegaskan, surat itu dijelaskan terkait regulasi. Jadi Kepala Desa Ganting ini harus dibaca betul ya, sebab Kepala Desa itu sebagai aparatur harus memahami regulasi, sebelum melakukan tindakan pahami dulu regulasinya.

 

“Kita mengingatkan, karena sudah dilakukan kita ingatkan ini loh regulasinya. Artinya, kalau sudah dilakukan kajian secara regulasi. Seharusnya kepala desa mengikuti, kecuali hal – hal yang belum jelas. Kalau belum jelas, dilihatnya mungkin bisa saran. Tapi kalau hal yang sudah ada diregulasi, jika tidak diikuti berarti itukan tidak mematuhi regulasi,” ucap Kadis PMD Kabupaten Kampar lagi.

 

Sementara itu, untuk langkah kita kedepannya akan mengingatkan Camat Salo. Karena begini, pembinaan itu sudah berjenjang. Kita sudah berikan arahan dari Kabupaten, kita harapkan ditindaklanjuti oleh desa.

“Nah, inikan tidak ditindaklanjuti oleh desa. sudah saya sampaikan sama Camat, agar dilakukan pembinaan. Kalau tidak ditindaklanjuti berikan teguran, karena itu kewenangan Camat selaku pembina desa. Berikan teguran pertama, apa ditindaklanjuti gak? Teguran kedua, sampai nanti tidak ditindaklanjuti juga silahkan kordinasi ke Inspektorat supaya dilakukan audit,” pinta Febrinaldi.

Selain itu, harapannya tentu sebagai Kepala Desa mesti memahami regulasi dalam menjalankan tugas – tugas pemerintahan, termasuk didalam hal pembinaan aparatur. Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa itu sudah diatur dalam regulasi, baik Permendagri Nomor 83 maupun peraturan regulasi di tingkat daerah.

Diharapakan tentunya Kepala Desa mengikuti mekanisme yang ada diregulasi, karena mekanisme dalam regulasi tentu akan menyalahi aturan dan akan menimbulakn potensi konflik seperti yang telah terjadi di Desa Ganting ini,” tutup Kadis PMD Kabupaten Kampar.

 

Ditempat terpisah, Camat Salo, Minda, S.H, melalui pesan Whatshapnya menyampaikan kepada awak media, pada hari Jum’at tanggal 19 Juni 2020 kemarin saya juga sudah panggil Kades Ganting, Hj. Zubaidah dan meminta, agar Kades menanggapi surat dari Dinas PMD tersebut,” terangnya.

 

Lebih lanjut ditambahkan Camat Salo, “semoga masalah ini cepat selesai dan Kades Ganting bisa segera melaksanakan tugasnya sesuai peraturan yang berlaku. Dan bisa lebih terbuka dalam menerima masukan, informasi dan kritikan yang membangun dari pimpinan, perangkat desa maupun dari warga masyarakat Desa Ganting,” ujarnya. ( Tim).