Inspektorat Lampung Barat Adakan Monev Mengumpulkan Seluruh Peratin Dari Tiga Kecamatan

Lampung Barat Tirasnusantara.com – Dalam situasi Pandemi Covid yang merebak wilayah Lampung Barat, tidak membuat Inspektorat beserta staff dan jajarannya mengadakan Monitoring dan Evaluasi yang di hadiri Camat dari tiga kecamatan ( Kecamatan Batubrak, Kecamatan Belalau , dan Kecamatan Batu Ketulis ) besrta staf dan jajarannnya yang di adakan di Taman Hambekhos. (11/08/20)

Dalam pelaksanaan kegiatan ini diduga membahas tentang penundaan oleh wajib pajak.berdasarkan ketentuan peraturan mentri keuangan (PMK No.29 Thn.2020 butir 13 yang menyatakan bahwa Penetapan perpanjangan jangka waktu penyelesaian pelayanan administrasi perpajakan dapat dibedakan menurut tingkat kedaruratan atau bencana pada masing masing daerah berdasarkan keputusan kepala daerah atau pejabat instansi yang berwenang.

Namun tertundanya pembayaran pajak yang terjadi di Lampung Barat saat dikonfirmasi tidak ada kejelasan tentang penundaan tersebut.

Bahkan Dinas terkait dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Lampung Barat terkesan memberikan peluang kepada wajib pajak dalam hal pembayaran pajak tanpa ada sanksi namun semua wajib pajak yang diduga tertunda malahan dikumpulkan dalam sesi kegiatan Monev yang dipimpin langsung Kepala Inspektorat Kabupaten Barat Nukman.

Dalam pertemuan tersebut Inspektur Nukman memberikan arahan agar Pekon – pekon ( Desa – Desa ) dalam pengelolaan keuangan desa dan keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa harus sesuai dengan sistem dan prosedur pengelolaan keuangan desa.

” Saya berharap kepada Pekon – Pekon agar menyelesaikan pajak dari ppn maupun pph dari dana desa yang belum terbayar ke negara tolong cepat di selesaikan ini bahkan ada Pekon yang masih nunggak pajak dari tahun 2016 sampai tahun 2019 yang belum ada pelaporan pajaknya terselesaikan ” ujarnya.

Di saat bersamaan itu juga Inspektorat membentuk tiga team pemeriksa Monev untuk Pekon – Pekon dari ketiga Kecamatan terkait pemeriksaan pajak dan pengelolaan keuangan desa secara intern .

” Saya berharap kita bersama – sama Kabupaten Lampung Barat ini bisa menjadi Good Goverment pemerintahan yang bersih menuju Lampung Baray yang Hebat,” tutupnya. ( red )

Realise : Cecep Rusdiono