INSPEKTORAT KABUPATEN PESISIR BARAT, MELAKSANA KAN MONEV DI KECAMATAN NGARAS

PESISIR BARAT tirasnusantara.com – Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan secara tegas bahwa Pemerintah Kabupaten yang dalam hal ini Inspektorat berperan mengawasi pengelolaan keuangan desa dan pendayagunaan aset desa.

Selain itu, inspektorat berperan juga dengan melakukan pembinaan dan pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan wewenang ini diperkuat dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa pasal 44 Ayat (2).

Atas dasar sejumlah aturan tersebut, Tim Inspektorat kabupaten pesisir barat, melalui bp. Syukur Yakub selaku ketua tim,melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dana Desa (DD) tahun 2019, guna meninjau, mengawasi dan membina baik pekerjaan fisik maupun administrasi di tingkat pekon/Desa yang ada di Kecamatan ngaras Kabupaten pesisir barat. Jum’at(8/11/2019).

Usai melakukan Monev di pekon/Desa di kecamatan ngaras, Tim Inspektorat kabupaten pesisir barat kepada media tiras nusantara. Com, menerangkan, bahwa, dalam penyerapan dana 60℅ di pekon/Desa yang ada di kecamatan ngaras, telah berjalan sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB).

“Untuk hasil pengawasan dan pembinaan, kami dari tim inspektorat kabupaten pesisir barat di pekon/Desa yang ada di kecamatan ngaras,terkait pembangunan pekon/desa yang dananya bersumber dari dana desa untuk termin 60 ℅ telah dilaksanakan sejumlah pekerjaan fisik,” ungkap Syukur yakub.

Mewakili tim bp.Syukur yakub, berharap, agar kedepannya dalam hal perencanaan pembangunan dapat dilaksanakan secara cermat agar pelaksanaan tersebut tidak keluar dari aturan yang ada.

Sementara , bp. UTAN SYAH(Ketua ABDESI) kecamatan ngaras,mendampingi bp. YUZIR(CAMAT)Kecamatan ngaras, memaparkan sejumlah pembangunan fisik melalui anggaran DD/ADD 60℅ persen, sesuai ajuan hasil Musyawarah desa (Musdes).ungkapnya.

“Untuk pengelolaan DD/ADD telah kita laksanakan sesuai dengan aspirasi masyarakat melalui hasil Musdes dengan pekerjaan fisik diantaranya, pembuata balai desa, ged pos yandu, rabat beton, gorong-gorong, TPT.drenase dll Alhamdulillah tadi juga telah selesai pemeriksaan dari tim inspektorat Dan berjalan dengan baik, tanpa halangan suatu apapun.

Dalam kesempatan itu pula, ketua abdesi Bp. UTAN SYAH bersama camat Bp. YUZIR,mewakili seluruh peratin/kades yang ada di kecamatan ngaras , mengucapkan terimakasih atas pembinaan yang telah dilakukan oleh tim inspektorat kabupaten pesisir barat.

“Kami seluruh peratin/kades se-kecamatan ngaras,sampaikan ucapan terima kasih kepada tim inspektorat yang telah memberikan pembinaan, arahan dan masukan pada kami di pekon/desa,yang ada di kecamatan ngaras, demi kebaikan pelaksanaan dana desa yang ada di pekon/desa di kecamatan ngaras,” ucap ketua abdesi bersama camat. (Mus/Roso)