IKAN PAUS TERDAMPAR KEPESISIR PANTAI JAYANTI

CIANJUR tirasnusantara.com – Penemuan ikan hiu paus raksasa jenis ‘Rhincodon Typus’, terdampar Mati di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, hari ini dikuburkan.

Hal tersebut disampaikan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Cianjur, Sabtu (26/9/2020).

Kepala Dinas (Kadis) Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Cianjur, Dr. Ir. Winny Parwinia menyampaikan, ikan yang terdampar tersebut berjenis ikan hiu paus berbintik putih (rhincodon typus).

“Berukuran kurang lebih lima hingga tujuh meter. Dengan bobot satu hingga 1,5 ton,” katanya.

Ikan tersebut, menurut Winny, termasuk jenis ikan hiu paus dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) nomor 18 tahun 2013, tentang penetapan status perlindungan penuh ikan hiu paus (rhincodon typus).

“Kondisi ikan saat ditemukan terdampar di pantai berpasir dan berlumpur, informasi diterima warga setempat sudah dalam kondisi kelelahan,” ujar Kadisu DKPP Cianjur.

Terdampar ikan paus hiu, tepatnya di Pantai Ciwidig, Desa Kertajadi,u Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pukul 15.00 WIB, Kamis (24/9/2020), terhitung sekitar tiga hari dari saat ini.u

Ia menyambungkan, sebelumnya beberapa warga setempat berusaha untuk menuju ke tengah laut, kembali dengan cara menggulingkan badannya. Tetapi, masih ungkap dia, tidak mampu danu terseret gelombang ombak ke pantai lagi.

“Nah, sampai akhirnya kelelahan dan mati,” jelas Winny.

Masyarakat tidak berani menolong ikan tersebut, tambahnya Winny, karena saat itu gelombang besar dan cukup tinggi.

“Petugas kami dari UPTDu PPI Jayanti bersama Polsek Cidaun, telah menguburkan tulang belulang dari ikan hiu paus, dibantu warga saat ini,” tandasnya. (Hendra. M)