IGTKI Kabupaten Pringsewu Sosialisasi Implementasi Dan Pelaporan BOP PAUD 2019

PRINGSEWU tirasnusantara.com – Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Pringsewu, mengadakan sosialisasi implementasi dan Pelaporan BOP PAUD 2019 diselenggarakan di Aula Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI), Kamis, (16/1/2020).

Berdasarkan Permendikbud Nomor 4 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik BOP PAUD 2019, maka sasaran program DAK Nonfisik BOP PAUD adalah anak usia dini yang terlayani di satuan pendidikan yang menyelenggarakan PAUD di pemerintah Kabupaten Pringsewu, serta memiliki peserta didik yang terdata dalam Dapodik PAUD dan Dikmas.

Sementara untuk Pemateri dari Kabid Paud dan Dikmas Suraji, S.Pd, MM, Kasubid Pelaporan dan akutansi Badan pengelola Keuangan dan Aset Daerah Dian Anggreni, SH.

Ketua IGTKI PGRI Kabupaten Pringsewu Hj. Suwami, M.Pd dalam sambutannya meminta kepada Kabid Paud dan Dikmas kedepan dengan kepemimpinan yanh baru akan lebih baik dan maju, serta Kita organisasi IGTKI lebih di perhatikan lagi, Kata Suwami.

Suwami menambahkan dari jumlah guru TK se Kabupaten ada TK Negeri sebanyak 52 orang, untuk guru sertifikasi 115 orang, sedangkan untuk guru yang S1 belum sertifikasi masih banyak. Dan yang mendapatkan tunjangan fungsional hanya 25 orang, Minimal tunjangan tersebut di tingkatkan kuotanya, kilahnya.

Dan tunjangan Kabupaten awalnya 150. 000 perorang, serta Keluhan-keluhan kami untuk linear S1 sekarang di tuntut harus ikut PPG dengan harus meninggalkan kelas serta nelum tentu bisa lulus,Ucapnya.

“Untuk kegiatan IGTKI alhamdulillah kami mndapatkan diklat penguatan kepala sekolah di bandingkan Kabupaten lain.
Dan mendapatkan subsidi untuk peningkatan guru yaitu PKP ada 100 guru dengan di bagi 5 zona”.

Harapan kami untuk anggaran BOP minta di data dengan jumlah siswa, Jangan sampai bertahap. Serta kami untuk seluruh lembaga siap di bimbing dari seluruh TK di kecamatan.

Sunaji, S.Pd.M.M Kabid Paud dqn Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu di sela-sela acara mengatakan Tujuan BOP PAUD sendiri antara lain membantu penyediaan biaya operasional nonpersonalia bagi anak usia dini yang diberikan kepada satuan pendidikan yang menyelenggarakan program PAUD dan meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada layanan PAUD berkualitas di satuan pendidikan penyelenggara program PAUD.

Sosialisasi BOP PAUD dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada lembaga agar pemanfaatan DAK Nonfisik BOP PAUD tepat sasaran dalam mendukung operasional penyelenggaraan PAUD secara efektif dan efisien, dan menginformasikan agar pertanggungjawaban keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD dilaksanakan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan, ujarnya.

Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua IGTKI Kabupaten Pringsewu Hj. Suwami, M. Pd, Kabid Paud dan Dikmas Suraji, S.Pd, MM, Kasubid Pelaporan dan akutansi Badan pengelola Keuangan dan Aset Daerah Dian Anggreni, SH. Ketua IGTKI Kecamatan, para Pengurus IGTKI Kabupaten Pringsewu, Kepala TK Se Kabupaten Pringsewu dan Para dewan guru. (Wagiman)