Hulubalang Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Wilayah Bandarlampung Resmi Terbentuk

BANDARLAMPUNG tirasnusantara.com – Budaya lokal yang bersumber dari nilai-nilai luhur adat dan agama merupakan benteng dari  kebudayaan luar yang tidak sesuai dengan kultur masyarakat adat di kota Bandarlampung,

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pembentukan Hulubalang Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong wilayah Bandarlampung yang merupakan salah satu elemen pasukan adat Kerajaan untuk menjaga marwah adat agar tidak tergerus dan pudar karena kemajuan zaman.

Hulubalang merupakan salah satu perangkat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong,  Mempunyai fungsi khusus untuk menjaga serta mengamankan fisik dan titah Sultan Paduka yang Mulia Saibatin Puniakan Dalom Beliau, Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak yang di Pertuan ke-23 Beserta keluarga Inti. Hulubalang juga harus ikut berperan aktif dalam menjaga keagungan adat istiadat.

Ditengah peradaban kehidupan masyarakat kota  yang terus berkembang dari waktu  ke-waktu, khususnya di Kota Bandarlampung yang merupakan ibu kota dari Provinsi Lampung, dimana masyarakatnya sangat heterogen dengan kehidupan yang modern, kebudayaan dan adat istiadat yang merupakakan warisan budaya para leluhur harus tetap terjaga.

Untuk menjadi sosok seorang Hulubalang mesti memenuhi beberapa kreteria, yang paling utama adalah Kesetiaan. Orang yang tidak amanah sudah tentu tidak bisa menjadi Hulubalang. Hulubalang juga harus seorang yang pemberani. Karena itu untuk bisa menjadi seorang Hulubalang harus melalui beberapa tahapan, antara lain proses seleksi, pembekalan tetang protap kawal Saibatin (PYM SPDB) oleh Panglima Adat, pembekalan tetang Tata Titi Adat, pantohir, hingga pengukuhan.

Bertempat di Sekretariat Divisi Humas Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, Gotong Royong Bandarlampung, Selasa (15/09/20), dengan dikomandoi oleh Panglima Elang Berantai (PEB) yang merupakan salah satu Panglima Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong dimulai beberapa tahapan untuk pembentukan Hulubalang Bandarlampung.

“Menjadi punggawa dan pengawal Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong harus mempunyai sikap tulus dan setia kepada Saibatin dan Kerajaan” ujar Panglima Elang Berantai pada saat pengarahan di depan para Hulubalang Bandarlampung”

Para Hulubalang Bandarlampung yang di komandoi oleh Agus Aulia Rahman menyatakan sikap setia dalam tugasnya menjadi pengawal kerajaan adat Paksi pak Skala Brak Kepaksian Pernong. Atas ikrar para Hulubalang tersebut Panglima Elang Berantai menyatakan menerima para Hulubalang untuk menjadi punggawa Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung.

Pada kesempatan yang sama, Mamak Din selaku Penasehat Divisi Humas Kerajaan menyampaikan beberapa  arahan kepada Para Hulubalang.
“Kita selaku Masyarakat Lampung harus menjunjung Tinggi nilai adat istiadat yang ada di tanah Lampung ini sendiri dan menjadi bagian dari pada masyarakat adat itu sendiri” ujar MD, sapaan akrab Mamak Din.,Selasa(15/09/2020). (Ratu/team)