Hj. Dewi Handajani,SE.MM Lounching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan

WONOSOBO tirasnusantara.com – Bertempat di SMP 3 Muhammadiyah Wonosobo, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani,SE.MM., meLounching
Pekon #GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan) Kabupaten Tanggamus Tahun 2019, Jum’at (27/12)

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Capil Provinsi Lampung Achmad Saefull, SH., Firman Rani, Staf Ahli Bupati, Idham Khalid, Kadis PMD, Sabaruddin, Kadis Kominfo, Supardi Sarkawi, Kadis KTPSP, Darma Setiawan, S.Kom.MM., Sekretaris Disdukcapil Tanggamus, Yosa Sumbala, SSTP., Sekretaris Pol PP,Kemas, Sekretaris Lingkungan Hidup, Edi Fakhrurozi, Camat Wonosobo, Kapolsek, Danramil Wonosobo, Ustad Asnawi Harya Dinata Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wonosobo, serta Para Undangan.

Berdasarkan Laporan dari Sekretaris Dinas Disdukcapil menyampaikan, Pekon Soponyono merupakan Pekon/Desa Pertama di Lampung yang sudah 100 % masyarakatnya Sadar akan administrasi kependudukan.

Selanjutnya diharapkan dengan adanya launcing Pekon Gisa di Pekon Soponyono Kecamatan Wonosobo ini dapat menjadi pemicu bagi pekon yang lain dan kita berharap akan ada Kecamatan GISA bahkan kita berharap bisa menjadi Kabupaten GISA.

“untuk itu mengapa Lonching dilakukan di Pekon Soponyono, mengingat masyarakatnya sudah sadar akan arti pentingnya administrasi kependudukan seluruhnya” Katanya

Kemudian Kepala Dinas Catatan Sipil Provinsi Lampung juga mengatakan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan ini Pertama di Provinsi Lampung tepatnya di Pekon Soponyono Kabupaten Tanggamus.

Dirinya mengucapkan terima kasih capaian ini tidak lain adalah dukungan besar dari ibu Bupati beserta jajarannya, karena tidak mungkin dukcapil akan selesai tugasnya dengan baik tanpa ada dukungan dari seluruh komponen khususnya juga dari muspika serta kesadaran yang terpatri dalam masyarakat itu sendiri.

“Oleh karena itu saya memberikan apresiasi yang tinggi bagi masyarakat khususnya Pekon Soponyono dengan Sadar Kepemilikan Dokumen dapat dimiliki atas kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan bagi masyarakat” katanya

Selanjutnya Bupati Tanggamus pun juga mengapresiasi kepada Kepala Pekon dan Aparat Pekon Soponyono serta Warga masyarakatnya pada hari ini telah berhasil menjadikan Pekonnya sebagai Prototipe atau pekon Percontohan Pekon GISA di Kabupaten Tanggamus.

Bupati juga menyambut baik Lounching Pekon GISA ini, yang merupakan salah upaya peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan.

“melalui Lounching Pekon atau Desa GISA ini saya berharap kepada seluruh pemangku kepentingan terutama para Camat, Kepala Pekon dan Tokoh masyarakat untuk dapat membantu menghimbau agar masyarakat diwilayah pekonnya segera mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil” himbaunya

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati menyampaikan bahwa kesadaran akan administrasi kependudukan akan mendorong empat hal yakni, pertama kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan yang meliputi KK, KTP, KIA, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan dan Pencatatan Sipil lainnya.

Kedua kesadaran akan pentingnya pemanfaatan data kependudukan yang dapat untuk kepentingan publik, ketiga kesadaran akan pentingnya pemutakhiran data kependudukan baik d agregat penduduk dan keempat kesadaran melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang berbahagia.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati menyerahkan sarana dan prasarana kebersihan yaitu 6 unit kendaraan Tossa kepada 4 Kecamatan yaitu 2 unit untuk Wonosobo, 2 unit Gisting, 1 unit Talang Padang dan 1 unit Kecamatan Kotaagung.

“selain dari pada itu juga akan kita berikan tambahan Insentif kepada seluruh RT se-Kabupaten Tanggamus dengan harapan dapat dipergunakan untuk kebutuhan hidup masing-masing” Pungkasnya. (MN/Ratu)