Hj. Dewi Handajani, SE.,MM Lantik 335 Pejabat  Struktural dan Fungsional

GISTING tirasnusantara.com – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.MM., melantik 335 Pejabat  Struktural dan Fungsional di Aula Serumpun Padi Gisting, Jum’at (06/03).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi.AM.Syafi’I, S.Ag.,Plh. Sekda/Asisten Bidang Pemerintahan Fathurrahman, Asisten Bidang Ekonomi, Sukisno, Asisten Bidang Administrasi, Jhonsen Vanisa, Kepala Dinas Pendidikan, Aswin Dasmi, Kepala BKPSDM, Aan Derajat, Kepala Dinas Kesehatan, Taufik, Sekretaris DPRD Herli Rahman, Staf Ahli Bupati serta sejumlah pejabat lainnya.

Pejabat yang dilantik dan diambil Sumpah jabatannya pada hari itu adalah pejabat, Struktural, Pengawas, Kepala UPTD Puskesmas, Koordinator Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (KSPLP)  dan Kepala Sekolah.

Dalam arahannya Bupati berharap  bahwa  kita semua sekarang memiliki perspektif  yang sama,bahwa jabatan bukan sebagai tujuan tetapi ini adalah amanah, kesempatan,  peluang yang telah diberikan kepada kita dari Yang Maha Kuasa perantaranya melalui jajaran Pemkab Tanggamus.

Jadi kalau kita menjadikan ini sebagai amanah Insya Allah kita akan menjalankan jabatan ini, menjalankan tugas pokok dan fungsi tanggung jawab kita tentunya lebih mengedepankan pengabdian kepada masyarakat. Kata Bupati

Bupati berharap kepada jajarannya yang baru dilantik tidak hanya duduk saja, tetapi berfikir program apa yang harus dilakukan, bagaimana bentuk koordinasi, bagaimana hasilkan program yang sesuai dengan koridor  dan aturan undang-undang.

“Jadi begitu dilantik berfikir  apa yang menjadi kendala, apa yang menjadi potensi, harapan, lahirkan ciptakan,  jadi saya  tidak mau begitu dilantik, sudah duduk, ya sudah duduk, jalankan tugas fungsinya, saya tidak mau seperti itu, berharap nantinya akan ada ide-ide kreatif  yang lahir,sesuai dengan indicator kinerjanya, ini akan dijadikan dasar parameter untuk mengukur apakah bapak-ibu sudah sesuai target ataupun belum” harap Bupati

Kemudian bangun harmonisasi, dengan pola saling Asah, Asih dan Asuh. Sesuai dengan  filosofi yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantoro, Ingarso Suntolodo, Ingmadio Mangunkarso, Tutwuri Handajani, Ingarso Suntulodo, didepan menjadi contoh teladan, inspirasi, kemudian ditengah memberikan kesempatan pada jajaran dibawahnya, agar mereka memiliki ide kreatif , kemudian dibelakang tentunya mendorong memberikan motifasi.

“Jadi saya sempat mengingat juga nama saya Dewi Handajani,  Dewi artinyakan Perempuan, Handajani, yang memberikan dorongan, arahan,  motifasi kepada seluruhnya dan saya siap mendorong Tanggamus agar  lebih maju lagi” tegasnya

Terkait dengan dunia pendidikan, Bupati ingin IPM  (Indek Pembangunan Manusia)  meningkat dibandingkan IPM tahun sebelumnya, kalau bisa melompat. “bisa melompat kalau bapak ibu yang mendapatkan amanah ini, betul tulus dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan harus kita bedah apa yang menjadi permasalahannya” Kata Bupati

Demikian juga dengan jajaran Puskes, kepada kepala puskes Bupati menyampaikan adanya program yang banyak di bidang Kesehatan, bagaimana kartu lansianya, kemudian setiap pekon ada ambulannya, Bupati menginginkan Call Center di masing masing Kecamatan, Puskes harus jalan dan agar nomor-nomor call center tersebut disetorkan, dan nanti secara bertahap terkoneksi atau ngeling dengan ambulan-ambulan yang ada disetiap pekon yang ada di Kabupaten Tanggamus.

“Kemarin saya minta disetorkan nomor-nomor call centeri di puskesmas atau kecamatan masing-masing, silahkan buat systemnya dan mekanismenya seperti apa, pokoknya saya taunya ada,  karena tidak bisa terputus jadi keberadaan Call Center ini sangat penting sekali karena kalau tidak, ini tidak akan optimal dalam melayani masyarakat dengan keberadaan ambulan” Pinta Bupati

Serta  program lainnya, Bupati mengharapkan agar masing masing kepala puskes ini harus bisa menjabarkan apa yang menjadi program-program Bupati, Wakil Bupati melalui Dinas Kesehatan, begitu juga hal yang sama kepada jajaran dunia pendidikan di Kabupaten Tanggamus. pungkasnya

Ditempat terpisah Kepala BKPSDM, Aan Derajat menyampaikan pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : 821.2/472/39/2020  Tentang Pemberhentian, Pemindahan dan Pengangkatan PNS dalam dan dari Jabatan Pengawas, Koordinator Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan dan Kepala Sekolah di Lingkungan Pemkab Tanggamus. Dan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : 821.2/473/39/2020  Tentang Pemberhentian Pemindahan dan Pengangkatan PNS dalam dan dari Jabatan Pengawas dan Kepala UPTD Puskesmas di Lingkungan Pemkab Tanggamus.

Pejabat yang dilantik diantaranya Winarti, S.ST., M.Kes. Jabatan Baru Kepala Seksi Keluarga dan Gizi pada Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan, dr. Eka Priyanto, Kepala UPTD Puskesmas Talang Padang, Popi Eliza, Kepala UPTD, Puskesmas Putih Doh,  Rohayati,S.ST., Kepala UPTD Puskesmas Bulok Sukamara.

Umi Kulsum, S.Pd., Koordinator  Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan Kecamatan Gisting, Rojai Nasrullah, S.Pd.SD, Kepala SDN Sidorejo Kecamatan Sumberejo, Masaini, M.Pd, Kepala SDN 4 Kuripan Kecamatan Kotaagung, Budiyono, M.Pd., Kepala SDN 1 Karang Rejo Kecamatan Semaka. (Firman/team)