Hj. Dewi Handajani Hadiri HUT Dharma Wanita Persatuan Ke 20

KOTAAGUNG tirasnusantara.com – Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dharma Wanita Persatuan ( DWP) Peringati Hari Ulang Tahun yang ke 20 Tahun 2019 dan adakan Bakti Sosial bagi masyarakat yang Kurang mampu bertempat di Depan Kantor Tanggamus Indah Pekon Tanjung Anom Kecamatan Kotaagung Timur. Rabu (18/12/19)

Hadir dalam acara tersebut Bupati Hj. Dewi Handajani,SE.MM., Wabup AM. Syafi’i, S. Ag., Sekdakab Drs. Hamid H. Lubis, M.Si., Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua DWP Ny. Nuraini Lubis, Para OPD, Para Camat, Ketua IKADA Tanggamus,Ketua Bhayangkari Tanggamus,Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Tanggamus,Ketua Adhyaksa Dharma Karini Tanggamus,ketua Dharma Yukti Karini Tanggamus,dari Kemenag Tanggamus,serta Warga Masyarakat Tanjung Anom Kec. Kotim.

Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani,mengatakan saya mengapresiasi kegiatan ini sesuai tema HUT ke-20 DWP tahun 2019; ”Optimalisasi Kinerja DWP Sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”.

Maka kepada para anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus yang merupakan organisasi istri Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai potensi yang besar dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Kelurahan sehingga dapat memberikan dukungan dan komitmen penuh terhadap pemerintah daerah dalam bentuk peran aktif membantu suksesnya program-program kemasyarakatan, khususnya yang memiliki kepekaan dan kepedulian dalam mengembangkan potensi perempuan untuk berjuang meningkatkan  derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanggamus.

“Organisasi ini didirikan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Yang dinamakan kesejahteraan tidak harus dinilai, diukur dari yang serba benda atau material, tetapi kesejahteraan bisa juga dinilai dari apakah dengan berorganisasi di Dharma Wanita Persatuan itu pengetahuan, wawasan, keterampilan dari anggota Dharma Wanita Persatuan makin baik dan makin meningkat dari waktu ke waktu”,kata Bupati.

Lanjut Bupati, oleh karna itu Dharma Wanita Persatuan perlu bekerja keras untuk mewujudkan sikap dan perilaku sehari-hari sebagai suatu sikap yang membudaya. Kerja keras, antara lain, adalah bagaimana kita dapat mewujudkan secara nyata persatuan dan kesatuan, kesetiakawanan sosial, kewajaran, serta keterbukaan dan partisipasi sosial yang berwawasan kebangsaan, yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan.

” Para pimpinan DWP harus perlu memiliki kemahiran berorganisasi, bekerja dengan efisiensi yang tinggi, dapat memberikan teladan yang terpuji, bersedia untuk berbuat sesuatu yang baik bagi organisasi. Harapan Saya adalah bahwa Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus tetap langgeng berjalan ke depan, karena masih banyak yang diperlukan untuk membangun masyarakat, untuk itu masih diperlukan uluran tangan para ibu-ibu yang tergabung dalam DWP untuk membangun daerah ini”,Ujarnya.

Ketua DWP Tanggamus Ny. Nuraini Lubis menyampaikan Dharma Wanita Persatuan (DWP) telah diberi kesempatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-20, yang tepatnya jatuh pada tanggal 7 Desember, dimana Peringatan tahun ini mengangkat tema : “Optimalisasi Kinerja DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”.

Sebagai Organisasi Kemasyarakatan yang menghimpun dan membina isteri Aparatur Sipil Negara (ASN), Dharma Wanita Persatuan bersyukur dan patut berbangga bahwa pada usia ke-20 tahun ini, telah menjadi sebuah Organisasi Perempuan yang besar, yang telah diberi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan program kerja organisasi secara terstruktur, sehingga mencapai kinerja seperti saat ini.

” Untuk itu kami sebagai Pemimpin DWP mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Pengurus dan Anggota DWP yang telah bekerja, berjuang untuk membangun serta meningkatkan Citra Organisasi DWP dengan sangat luar biasa. Namun demikian, sebagai mitra strategis Pemerintah ke depan masih banyak tugas yang harus kita kerjakan untuk turut mensukseskan program-program Pemerintah dengan “Kerja Bersama Menuju Indonesia Maju”, Pengurus dan anggota harus tambah kuat dan semangat meningkatkan kualitas dan potensi diri masing-masing sehingga kinerja kita sebagai mitra kerja pemerintah lebih optimal dan tujuan akhir organisasi Dharma Wanita Persatuan sebagai Center of Excellence akan terwujud.”

Selanjutnya, tanggal 11 dan 12 Desember 2019, kita melaksanakan MUNAS IV DWP dan kita bisa mempunyai Rencana Strategi DWP 2020-2024 yang mengacu kepada RPJMN 2020-2024 sehingga menjadi acuan kita dalam perencanaan dan pelaksanaan Program Kerja bagi seluruh Unsur Pelaksana di tingkat Pusat sampai di tingkat Kelurahan yang setiap tahunnya diatur berdasarkan ROAD MAP PROKER DWP tahun 2020-2024. Penguatan organisasi DWP diperlukan untuk membekali dan memandu para anggotanya memasuki era globalisasi, di antaranya melalui pemenuhan sumber daya manusia yang tangguh dan berdaya saing, pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan lnformasi serta kolaborasi dengan mitra strategis yang semakin kuat,Kata Ketua DWP”.

Ketua Panitia Hut DWP ibu Faturrahman, melaporkan bahwa maksud peringatan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke-20 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Tanggamus ini dimaksudkan untuk lebih memperkuat rasa kebersamaan dan bangga terhadap organisasi DWP serta bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program pemerintah.

Adapun tujuannya yaitu , Meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota dan pengurus DWP dalam segala bidang,

Pembinaan Pendidikan Keluarga dilingkungan DWP dan Masyarakat serta

Membantu program pemerintah dalam implementasi Gerakan Hidup Sehat dan Pengentasan Kemiskinan.

Rangkaian Kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu: senam Bersama, dilaksanakan di Lapangan Pemda depan Kantor Bupati Tanggamus, pada tanggal 22 November 2019, Lomba Mewarnai Anak TK Dharma Wanita Persatuan, di RTH. Ir. Sukarno Taman Kota, Kota Agung, pada tanggal 5 Desember 2019; dan Bakti Sosial, yang dilaksanakan di Lapangan Depan Kantor PT. Tanggamus Indah Pekon Tanjung Anom, tanggal 18 Desember 2019. Peserta kegiatan yaitu Para Pengurus dan seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus, Para Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Tanggamus, Unsur TNI, Polri, Instansi Vertikal dan Masyarakat. (MN/Ratu)