Handi Mulyaningsih; Pelaksanaan KKN Unila Diharapkan Menghasilkan Output Berorientasi Pada Kualitas

LAMPUNG UTARA tirasnusantara.com – Universitas Lampung (Unila) mengadakan Kegiatan KKN di 12 desa se kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, mulai dari 2 januari 2020 hingga 40 hari ke depan, Sabtu, (4/1/2020).

Ada 83 mahasiswa yang diterjunkan Universitas Lampung ke Abung Barat. Mahasiswa ini sebagai SDM unggul yang akan belajar langsung di masyarakat melalui inovasi desa yang ada.

Handi Mulyaningsih di dampingi Usman Raidar selaku Dosen Pengampu KKN Kecamatan Abung Barat, Beliau berharap agar pelaksanaan KKN Unila menghasilkan output yang berorientasi pada kualitas.

Bahwa mahasiswa dan masyarakat dapat saling bersinergi sehingga mahasiswa makin dewasa merespon kondisi masyarakat dengan program kerja KKN, dan masyarakat akan memberikan respon dengan baik dalam menyelesaikan persoalan bersama mahasiswa, Kata Handi.

Handi Mulyaningsih menambahkan Pemerintah Kecamatan, Kapolres, Koramil, Puskesmas serta Kepala Desa, sangat bangga karena kecamatan Abung Barat dipilih oleh Universitas Lampung sebagai lokasi KKN.

“Jadi ke depan program KKN lebih fokus pada program kerja yang inovatif dan konstruktif,” imbuhnya.

Di hari ke dua KKN di desa Kistang kecamatan Abung Barat, kegiatan riil mahasiswa KKN Unila bersama masyarakat telah terwujud. Ada beberapa fokus program kerja diantaranya membuat masyarakat memanfaatkan lahan yang tak dipergunakan untuk ditanami kangkung.

Lain halnya dengan Usman Raidar selaku Pendamping KKN Unila di sela sela kegiatan desa Pematang Kasih, mahasiswa KKN bersama masyarakat melakukan pengajian sebagai metode pengenalan mahasiswa ke masyarakat.

Yakni dengan mengarahkan laporan KKN dikonversi menjadi jurnal pengabdian masyarakat, Ujarnya. (Wagiman)